Puasa adalah aktivitas yang banyak dilakukan orang untuk kebutuhan keagamaan dan juga kesehatan. Puasa sendiri mengharuskan kamu untuk tidak makan dan minum dalam waktu tertentu. Tentunya ini menjadikan perut terasa lapar dan juga haus. Belum lagi dengan bau mulut yang kerapkali jadikan orang puasa merasa kurang percaya diri ketika harus bertemu dengan orang lain.

 

Saat puasa, maka kamu tidak akan ada makanan dikunyah sehingga bisa menjadikan produksi dari air liur pun berkurang. Dari kondisi ini, maka bagian dalam rongga mulut pun kering sehingga muncul bau mulut. Ini karena air liur bermanfaat untuk bisa membantu dalam membersihkan sisa makanan yang bisa jadi sebab bau mulut tersebut. Air liur pun memiliki kandungan enzim yang bisa melawan bakteri pada rongga mulut sehingga tidak menimbulkan bau. Untuk itu, kamu wajib tahu cara cegah bau mulut kala puasa.

 

Rajin sikat gigi dan bersihkan lidah

Minimal kamu harus sikat gigi rutin setidaknya dua kali dalam sehari. Cara ini akan bisa menjaga kebersihkan gigi dan juga mulutmu kala puasa. Ketika puasa, sikat gigi bisa dilakukan usai sahur dan sebelum tidur. Pastikan juga agar kamu sikat gigi dengan menyeluruh, termasuk pada sela gigi juga lho. Selain itu, lidah juga wajib untuk dibersihkan dan disikat sehingga bakteri dan sisa makanan menempel bisa hilang.

 

Pakai obat kumur

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan obat kumur tanpa kandungan alkohol. Dengan cara ini, maka bakteri yang menyebabkan bau mulut akan bisa dihilangkan. Hindari penggunaan obat kumur yang ada kandungan alkoholnya karena ini akan bisa menjadikan mulutmu jadi kering.

 

Perbanyak air putih

Sudah tentu kamu tahu jika air putih memiliki manfaat yang amat besar untuk tubuh. Dengan air putih, maka ini akan bisa meningkatkan produksi air liur yang mampu mencegah rongga mulut terasa kering dan jadi sebab bau mulut. Untuk itu pastikan penuhi kebutuhan air putih kala sahur dan berbuka yang cukup yakni 8 gelas. Atur waktu minum sehingga 8 gelas bisa terpenuhi.

 

Perbanyak buah dan sayur

Es dan gorengan mungkin menjadi primadona kala puasa. Ya, hal ini karena kedua macam makanan tersebut memang nikmat terasa. Namun, ada baiknya jika selama puasa kamu tetap memaksimalkan konsumsi buah dan juga sayur. Beberapa buah dengan kandungan air yang banyak misal jeruk, pir, melon dan apel sangat baik lho untukmu.

 

Hindari makanan dengan aroma berbau menyengat

Beberapa makanan misalnya bawang-bawangan, petai hingga durian kerapkali menjadi penyebab bau mulut. Bahkan, makanan tersebut bisa timbulkan bau sampai 3 hari ke depan usai konsumsi. Ada baiknya kamu hindari sementara konsumsi makanan tersebut. Namun jika memang sudah terlanjur konsumsi, ada baiknya langsung gosok gigi sehingga bau tak akan menempel di mulut.

 

Hindari rokok

Kandungan tembakau pada rokok menjadikan mulut pun bisa berbau tidak sedap. Merokok juga bisa menjadikan kesehatanmu terganggu, terutama kesehatan pernapasan. Oleh karena itu, selama puasa hindari merokok. Bahkan jika bisa, berhentilah merokok.

 

Baca Juga :

Kok Mulut Bisa Bau ya? Kenali Penyebabnya Yuk

Tips Dokter Gigi: 6 Cara Mencegah Bau Mulut

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Bahaya Kekurangan Vitamin D Yang Wajib Kamu Tahu

Vitamin dan mineral tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh