Pir adalah buah berharga yang selain memiliki rasa yang nikmat juga manfaat yang luar biasa. Buah ini memiliki rasa yang  manis dengan daging yang berair. Istilah “pir” sebenarnya menggambarkan sejumlah pohon dan semak di genus Pyrus, keluarga Rosaceae yang lebih besar. Ada berbagai jenis pohon pir dan hanya sedikit dari mereka yang memiliki buah yang dapat dimakan yang bisa dikonsumsi manusia. Sejumlah varietas buah pir hanya digunakan sebagai hiasan pohon dan semak belukar. Mereka dapat tumbuh dengan mudah di tempat-tempat dengan iklim beriklim sedang dan sejuk yang membuat mereka sangat serbaguna dan mudah untuk diolah.

Selain rasa, pir juga telah dihargai karena manfaat obat mereka selama ribuan tahun. Ilmu pengetahuan modern sekarang mengatakan bahwa kandungan mineral, vitamin, dan senyawa organik dari spesies pir adalah alasan potensi kesehatannya yang banyak. Beberapa komponen aktif dan efektif ini adalah potasium, vitamin C, vitamin K, senyawa fenolik, folat, serat makanan, tembaga, mangan, magnesium, serta vitamin B kompleks.

Selain sebagai tambahan yang lezat untuk diet, pir juga dikemas dengan banyak nutrisi, yang memberikan manfaat obat. Mari kita lihat manfaatnya secara rinci.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu keluhan yang dimiliki beberapa orang tentang berbagai buah adalah kandungan kalori, terutama berasal dari gula alami. Namun, pir adalah salah satu buah dengan kalori terendah. Rata-rata pir memiliki lebih dari 100 kalori, yaitu 5% dari kebutuhan kalori harian untuk makanan sehat. Namun, suplemen gizi yang mereka berikan sangat besar, dan serat membuat kamu merasa kenyang. Oleh karena itu, orang yang mencoba menurunkan berat badan sering beralih ke pir untuk mendapatkan hasil maksimal

  1. Aktivitas Antioksidan

Seperti banyak buah lainnya, pir adalah kekayaan antioksidan yang memerangi berbagai penyakit dan kondisi di dalam tubuh. Antioksidan bekerja untuk menghilangkan radikal bebas yang menumpuk di tubuh sel berikut metabolisme sel. Radikal bebas ini mengubah DNA sel sehat menjadi sel kanker dan dapat menyebabkan sejumlah kondisi buruk lainnya. Oleh karena itu, komponen antioksidan vitamin C, vitamin A, dan senyawa flavonoid seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, semuanya ditemukan di pir, dapat membantu membersihkan tubuh dari senyawa berbahaya ini.

  1. Mempercepat Penyembuhan

Vitamin C juga merupakan bagian penting untuk mensintesis jaringan baru di berbagai organ dan struktur seluler tubuh. Hal ini membuat metabolisme tubuh berjalan lancar dan memastikan semua fungsi berfungsi dengan baik. Selanjutnya, penyembuhan luka dipercepat dengan tingkat asam askorbat yang tinggi, yang diberikan oleh pir. Ini juga membantu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, yang mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan mencegah penyakit jantung tertentu berkembang.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Dear Ladies, Kamu Bisa Melakukan cara-Cara Ini Buat Menjauhi Kanker Payudara!

Apa pun yang kamu rasa tentang payudaramu, buah