Masalah wajah yang menghantui seperti jerawat dan bekas jerawat memang sangat menyebalkan. Kita sering mencari berbagai cara untuk menanggulanginya. Entah itu dengan produk-produk skincare yang dijual di pasaran atau dengan mengonsumsi obat jerawat. Hmmm, tahukah kamu ada yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengatasi masalah kulit berjerawat?

Di bawah ini adalah dua masker wajah yang dapat dibuat dengan mudah di rumah untuk menanggulangi masalah jerawat, noda hitam dan luka bekas jerawat. Baca terus dan ikuti caranya ya.

  1. Masker Wajah untuk Jerawat

Vlogger Nicoletta Xo telah mempublikasikan video DIY (Do It Yourself) mengenai empat masker wajah yang berbeda untuk kulit berjerawat. Di antaranya formula penghilang noda hitam menggunakan pala, madu, dan susu, kemudian masker anti-inflamasi dengan bahan kunyit, yogurt, dan madu. Tapi di antara masker-masker tersebut, inilah masker yang paling cocok dan mudah untuk menanggulangi masalah jerawat di wajah, Masker Minyak Teh.

Bahan-bahan:

  • 1 sendok makan gel lidah buaya
  • 1 tetes tea-tree oil

Oke, jadi sebenarnya, tea tree oil — yang merupakan antibakteri alami dan pelawan jerawat — ini terlalu keras untuk kulit wajah kamu. Karena jika digunakan secara langsung tanpa campuran air yang cukup, tea tree oil bisa membakar kulit kamu. Tapi masker ini menggunakan hydrating, aloe yang menenangkan dan menyegarkan sehingga mampu menghilangkan efek yang berpotensi mengiritasi kulit. Aloe akan menenangkan kulit yang teriritasi dan kulit pecah-pecah. Tentu kamu harus membersihkan wajah sebelum mulai masker.  Setelah itu oleskan masker yang sudah dicampur, diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Pastikan untuk memberi pelembab pada kulit setelah menggunakan masker.

  • Masker Wajah untuk Noda Hitam dan Bekas Jerawat

Masker ini mulai viral saat Vlogger Supa Natural bereksperimen dengan mengoleskan masker kunyit langsung ke kulit wajahnyanya setiap hari selama tiga hari. Dan, menurut pengakuannya, setelah tiga hari, ia bisa melihat kulitnya benar-benar lebih cerah, kemerahan bekas jerawat sudah hampir hilang, dan rasanya begitu halus, ia senang telah melakukan hal itu.

Bahan ajaib di masker ini adalah kunyit, yang merupakan antioksidan dan anti-inflamasi yang telah dibuktikan dapat mencerahkan warna dengan lembut sambil membunuh mikroorganisme di kulit. Keren kan? Nah, ini dia cara membuat maskernya.

Bahan (diubah):

  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • 2 sendok makan plain yogurt (atau minyak zaitun/minyak wajah favorit kamu)

Meskipun masker yang dibuat oleh Vlogger ini hanya menggunakan kunyit dan air saja, tapi menurut berbagai pengalaman, mengolesan masker kunyit langsung tanpa “pelindung” atau “campuran” untuk sementara dapat menodai kulit kamu yang berwarna kuning cerah. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu tambahkan sedikit yogurt atau minyak untuk membuat pelindung dan mencegah penyakit kuning. Gunakan masker dengan cara oleskan, lalu diamkan selama 10 – 15  menit, bilas, kemudian cucilah wajahmu seperti biasa.

Itulah dua masker wajah dari bahan alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Mungkin kamu bisa mencoba salah satunya dan buktikan sendiri khasiatnya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/jarang-diketahui-ternyata-ini-manfaat-masker-pisang-yang-fenomenal/

http://www.tampilcantik.com/pernah-dengar-masker-kopi-ternyata-ini-dia-manfaatnya-untuk-wajah/

http://www.tampilcantik.com/pakai-masker-itu-penting-atau-gak-sih/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Menyisir Rambut Keriting dengan Cara yang Benar

Ingin tahu bagaimana menyisir rambut kamu – dengan