Tidur pastinya sudah menjadi kebutuhan untuk setiap manusia. Dengan tidur, maka manusia bisa beristirahat dari lelahnya aktivitas harian. Setelah tidur, pastinya tubuh pun akan bisa berenergi lagi sehingga mampu lanjutkan aktivitas. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas lho.

 

Pernah nggak kamu merasakan sudah tidur cukup lama, tapi bangun tetap merasa lelah. Jika kamu merasakan demikian, maka kemungkinan besar tidur kamu itu tidak berkualitas. Ketika tidur berkualitas, ciri yang termudah dilihat adalah ketika bangun maka tubuh akan terasa segar dan bersemangat. Jika kamu memiliki tidur yang kurang berkualitas, maka kesehatan juga bisa terganggu lho. Oleh karena itu ada baiknya jika kamu tahu beberapa tips agar tidur bisa berkualitas.

 

Tidur dan bangun pada waktu yang sama tiap harinya

Apa sih fungsinya tidur dan bangun pada waktu sama tiap harinya? ternyata ini bisa membantu untuk siklus tidur yang lebih stabil setiap hari lho. Tips yang satu ini juga berlaku ketika kamu ada di waktu libur atau akhir pekan lho ya. Kamu harus memilih waktu tidur ketika kamu benar-benar dalam kondisi lelah lalu bangun di waktu yang sama tiap paginya. Dengan cara ini, maka lama kelamaan pola tidur pun akan teratur. Untuk membantumu, maka kamu bisa menggunakan alarm sehingga waktu tidur bisa lebih tertata.

 

Turunkan suhu kamar

Perlu diketahui jika suhu kamar bisa mempengaruhi kualitas tidur kamu juga lho. Agar tidur kamu bisa lebih nyenyak, maka pastikan untuk mengatur suhu di ruang kamar kamu. Jika ada AC atau kipas angin, maka lebih mudah karena kamu bisa menyetelnya. Ketika suhu panas, tidurmu tidak akan nyenyak karena merasa gerah semalaman.

 

Kondisi sekitar harus sunyi

Apabila kamu ingin merasakan tidur yang nyenyak, maka upayakan agar kamar gelap dan sunyi terbebas dari suara mengganggu. Dengan ruangan gelap, maka tidur pun akan lebih cepat dirasakan. Gangguan suara juga bisa mengganggu. Oleh karena itu, matikan TV, radio, smartphone dan lainnya yang berpotensi mengganggu kamu tidur. Tentunya dengan ketenangan, maka tidur akan lebih nyenyak dong.

 

Kasur hanyalah untuk tidur

Kasur kan memang untuk tidur. Yang bener? Coba deh ingat kembali berapa kali kamu makan di atas kasur, bekerja di balik selimut, dan melakukan aktivitas lainnya. Banyak kali bukan? Ubahlah kebiasaan ini mulai sekarang dimana kasur hanya khusus untuk kamu pakai tidur saja. Dengan demikian, maka kasur akan lebih tertata dan kamu pun nyaman ada di atas kasur sehingga bisa langsung pulas.

 

Olahraga kala sore hari

Tidur berkualitas juga bisa kamu dapatkan dengan rutin berolahraga lho. Cobalah ambil sedikit waktu di sore hari untuk berolahraga ringan. Selain manfaat kesehatan, tidur kala sore pun juga mampu membantumu untuk dapat lebih mudah tidur saat malam lho.

 

Kini kamu sudah tahu tips apa saja yang penting agar kamu bisa tidur lebih nyenyak. Jadi, mulai hari ini coba berlatih untuk bisa tidur dengan nyenyak demi hari esok yang lebih semangat.

 

Baca Juga :

4 Hal Yang Membahayakan Jika Kamu Olahraga Malam Sebelum Tidur

Minuman Terbaik Sebelum Tidur yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Wajib Tahu! Inilah Bahayanya Jika Kamu Tidur Dekat dengan Ponsel

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Makanan Ini Yang Menyebabkan Sembelit Saat Puasa

Ternyata Makanan Ini Yang Menyebabkan Sembelit Kala Puasa