Apakah kamu pernah bangun tidur dan mendapati ada memar di beberapa bagian tubuhmu? Pernahkah kamu panik karena terdapat berbagai mitos yang menyeramkan tentang memar itu? Tenang, 7 masalah kesehatan berikut ini bisa menjadi penyebab dari memar yang kamu alami. Berikut adalah kumpulan pendapat dokter tentang apa yang sebenarnya bisa terjadi dalam tubuh jika kamu sering memar di kulit Kamu.

  • Latihan beban dan mengangkat benda-benda berat

Mengangkat beban adalah alasan sekunder untuk memar. Artinya, pembuluh darah Kamu sudah lemah. Terlalu banyak aktivitas fisik dapat menyebabkan kerusakan bahkan pada kapiler yang paling sehat sekalipun. Bahkan anak-anak bisa mendapatkan memar karena tas sekolah yang terlalu berat. Memar semacam itu tidak terlalu berbahaya, tetapi memar juga menunjukkan fakta bahwa kamu melakukan pekerjaan secara berlebihan.

  • Minum obat

Mengonsumsi obat tertentu yang mempengaruhi darah dapat menyebabkan munculnya memar yang bervariasi. Dari yang hampir tidak terlihat sampai yang terlihat cukup serius. Umumnya, memar ini disebabkan oleh antidepresan, analgesik, obat anti-inflamasi, obat yang mengandung zat besi, atau obat anti-asma. Obat yang paling umum yang membuat darah lebih cair dan dapat menyebabkan memar adalah aspirin. Jika kamu mengalami memar setelah mengonsumsi obat-obatan tadi, kamu harus segera mengunjungi dokter. Bisa jadi kamu harus berhenti minum obat untuk menghindari pendarahan internal yang lebih parah.

  • Penyakit darah

Penyakit darah dan pembuluh bisa menyebabkan memar. Varicosis, Willebrand, trombositopenia atau leukemia sering disebabkan oleh masalah sirkulasi darah. Jangan menunda untuk segera periksa ke dokter, terutama jika kamu melihat gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti nyeri, kaki bengkak, gusi berdarah, bercak kapiler kecil pada tubuh, atau mimisan.

  • Kurang nutrisi

Vitamin adalah nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kamu mungkin selalu berusaha memastikan bahwa anak-anakmu mendapatkan cukup vitamin harian kamu sering lupa tentang dirimu sendiri. Beberapa memar yang tidak dapat dijelaskan bisa menjadi sinyal bahwa tubuh kekurangan nutrisi atau elemen yang diperlukan. Misalnya, Vitamin B12 bekerja dalam dalam produksi darah, Vitamin K bertanggung jawab untuk koagulasi, dan Vitamin C memainkan peran penting dalam penciptaan jaringan baru. Sehingga, tanpa nutrisi ini, pembuluh menjadi sangat rapuh.

Tapi kamu tidak perlu buru-buru membeli vitamin – periksa dulu kekurangan vitamin dan perbaiki pola makan kamu. Sumber vitamin bisa kamu dapatkan dari makanan dan minuman sehat seperti  teh hijau segar, apel, labu, bawang putih, pisang, telur, kacang-kacangan, ikan berlemak, keju, dan selada.

  • Diabetes

Darah dan gula adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika seseorang menyebutkan penyakit diabetes. Penyakit ini memiliki pengaruh negatif pada proses sirkulasi darah, sehingga penderita diabetes sangat mudah terserang memar. Selain itu, memar bisa menjadi gejala penyakit diabetes pada tahap yang sangat dini. Gejala lain dari penyakit diabetes antara lain kamu sering haus, luka pada tubuhmu memerlukan waktu lama untuk sembuh, kamu cepat lelah, penglihatan kamu memburuk dan ada bintik-bintik putih di kulit.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/selalu-memar-inilah-alasan-mengejutkan-mengapa-kulitmu-lebam-biru-hitam-terus/

http://www.tampilcantik.com/cara-alami-untuk-menghilangkan-memar-di-kulit-dengan-cepat-dan-aman/

http://www.tampilcantik.com/mengenal-penggunaan-warna-pada-color-corrector-yang-wajib-kamu-tahu/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Melindungi Diri dari Virus Corona Menurut WHO

Terlepas dari sudah banyaknya artikel yang membahas tentang