Sudah bukan rahasia lagi jika vitamin C memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat yang sangat dikenal yakni menjaga daya tahan tubuh hingga kesehatan kulit. Vitamin C sendiri dikenal aman dikonsumsi dan juga mudah untuk didapatkan. Kamu bisa mendapatkan vitamin C dari makanan yang kamu konsumsi dan juga dari suplemen menjadi asupan nutrisi tambahan dan pelengkap.

 

Vitamin C merupakan jenis nutrisi larut di air serta tidak diproduksi tubuh. Kamu bisa menemukannya dari buah, sayur hingga suplemen. Vitamin yang satu ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan menjaga agar fungsi kerja organ dari tubuh tetap maksimal. Vitamin C pun bisa berperan penting untuk menjaga fungsi dari kekebalan tubuh.

 

Alasan mengapa konsumsi vitamin C itu penting

Banyak sekali manfaat vitamin C sehingga konsumsinya seolah diwajibkan. Sebetulnya apa saja sih manfaatnya? Yuk cari tahu.

  • Mampu meningkatkan daya tahan di tubuh serta membantu proses pemulihan. Beragam keluhan misalnya pilek dan batuk ternyata bisa mudah dicegah dengan cukupi kebutuhan dari vitamin C di tubuh, terutama ketika kamu lelah dan beraktivitas yang berat.
  • Vitamin C juga sebagai antioksidan sehingga bisa bantu tubuh untuk terlindungi dari kerusakan karena radikal bebas. Tentunya ini pun akan bisa menghambat perjalanan penyakit kanker, jantung hingga risiko penuaan dini.
  • Vitamin C pun mampu membantu tubuh untuk produksi kolagen yaitu protein untuk bantu proses penyembuhan luka, memperlambat proses penuaan, pencegahan keriput hingga menjaga keremajaan serta mencerahkan kulit.
  • Mampu tingkatkan penyerapan dari zat besi makanan dan bantu sistem kekebalan tubuh agar bisa bekerja baik dalam perlindungan tubuh dari penyakit.
  • Hasil penelitian pun meyakini jika vitamin C bisa membantu untuk rawat kesehatan tulang rawan, tulang serta gigi. Bahkan vitamin C juga bisa jaga kesehatan hantung, pembuluh darah dan bantu cegah serangan stroke dan jantung.

 

Bagaimana cara konsumsi vitamin C yang tepat?

Seperti yang sudah disampaikan di awal jika vitamin C dapat diperoleh dengan konsumsi berbagai makanan mulai dari buah dan juga sayur. Sumber vitamin C yang paling terkenal adalah buah jeruk. Di samping jeruk, buah lain yang bisa kamu konsumsi yakni mangga, pepaya, kiwi, nanas hingga sayuran misalnya tomat, brokoli dan paprika. Jika ingin menambah konsumsi vitamin C, maka kamu bisa konsumsi suplemen vitamin C. Tapi konsumsi suplemennya tentu harus dari anjuran dokter.

 

Dosis dari suplemen vitamin C yang dianjurkan yakni 75 sampai 90 mg. Namun, ketika kondisi tubuh sedang mengalami infeksi atau pasca bedah, maka kebutuhan dari vitamin C akan bisa meningkat. Hal ini karena konsumsi vitamin C bisa jadikan proses penyembuhan lebih cepat dan terbantu. Dosis konsumsi vitamin C sampai 500 mg per hari masih dirasa aman serta cukup dalam menjaga kesehatan tubuh.

 

Menjaga kesehatan tentu tidak cukup dengan konsumsi vitamin C saja. Kamu juga perlu memenuhi nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh serta cairan juga. Jangan lupa untuk senantiasa berolahraga agar tubuh bisa fit terus.

 

Baca Juga :

Kapan Sih Waktu Terbaik Untuk Menggunakan Serum Vitamin C? Simak Penjelasan Berikut

Jangan Asal, Kelebihan Vitamin C Juga Bisa Menimbulkan Risiko Kesehatan!

Makanan Tinggi Vitamin C yang Mungkin Tidak Kamu Sadari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Olahraga yang Efektif Untuk Mengurangi Lemak Samping

Bagi kamu yang sedang berusaha untuk mengurangi berat