http://infosehatwanita.com/wp-content/uploads/2016/01/Pengaruh-Penyakit-Jantung-Saat-Hamil-oleh-info-sehat-wanita.png

Wanita memiliki keuntungan kesehatan jantung dibandingkan pria karena interaksi antara hormon ovarium wanita dan molekul “jam” sirkadian melindungi kesehatan jantung mereka seiring bertambahnya usia, sebuah penelitian telah menemukan. Temuan yang dipublikasikan di jurnal Cardiovascular Research, bisa membantu mencegah penyakit jantung saat kita bertambah tua. Dalam studi sebelumnya, para periset dari Universitas Guelph di Kanada menemukan bahwa serangan jantung lebih buruk pada pria daripada wanita dengan usia yang sama. Studi ini juga menemukan efek time-of-day: serangan jantung pada pria lebih parah saat tidur. Hal ini menyebabkan gagasan bahwa mekanisme sirkadian, jam mungil di seluruh sel tubuh kita yang mengatur proses siang dan malam 24 jam kita, dapat bekerja secara berbeda di hati laki-laki dan perempuan.

Untuk menguji kemungkinan itu, para peneliti mempelajari tikus tua dengan mutasi “jam” genetik yang menyinkronkan mekanisme sirkadian. “Kami memikirkan tikus JAM sebagai model genetik kerja shift,” kata Tami Martino, dari University of Guelph. “Anehnya, tikus JAM pria tua mengembangkan penyakit jantung, tapi tikus JAM perempuan tidak melakukannya,” kata Martino. Periset menemukan bahwa sel hati betina sebenarnya berbeda dengan jantan. Cardiolipins di jantung pria JAM terlihat seperti pada manusia dengan penyakit jantung, Martino mengatakan. Laki-laki JAM juga memiliki profil glukosa dan energi yang lebih buruk. Sebaliknya, hati wanita JAM memiliki profil cardiolipin yang sehat dan energi yang lebih baik, kata periset.

Namun, keuntungan bagi wanita JAM hilang saat ovarium dikeluarkan, pertanda jelas bahwa hormon seperti estrogen melindungi jantung bahkan saat mekanisme sirkadian terganggu, kata Martino. Temuan ini dapat menyebabkan manfaat klinis bagi wanita dan pria, para peneliti menambahkan. “Memelihara irama sirkadian yang baik penting untuk mencapai hidup yang lebih sehat dan lebih lama,” kata Martino.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Olahraga yang Efektif Untuk Mengurangi Lemak Samping

Bagi kamu yang sedang berusaha untuk mengurangi berat