Mengenal Betapa Pentingnya SPF Dan PA Yang Ada Di Sunscreen

Untuk kamu yang memiliki aktivitas segudang di dalam maupun luar ruangan, maka penting banget untuk senantiasa menjaga kesehatan kulit. Kamu pun tak akan bisa terlepaskan dari paparan sinar matahari yang bisa jadikan kulit bermasalah. Itulah mengapa sunscreen wajib banget ada di daftar skin care harian kamu.

Ternyata sampai saat ini, wanita yang sadar akan pentingnya sunscreen masih sangat sedikit lho. Hal ini karena para wanita masih cenderung tidak tahu fungsi dari sunscreen itu sendiri. Yang diketahui hanya secara umum yakni melindungi kulit dari sinar matahari. Padahal, ada beberapa hal penting yang kamu harus tahu tentang sunscreen lho, diantaranya:

SPF

*gambar di atas hanya ilustrasi, bukan refrensi

Pasti sering banget dong denger tentang SPF yang ada di sunscreen. Singkatan dari SPF sendiri adalah Sun Protection Factor yakni seberapa lama produk sunscreen mampu lindungi kulit dari pancaran sinar UVB. Untuk informasi tambahan, UVB sendiri adalah sinar ultraviolet yang bisa sebabkan kulit terbakar sehingga kemerahan usai terpapar sinar tersebut.

Biasanya SPF diikuti dengan angka dimana angka yang ada di SPF itu pun memiliki arti secara khusus. Misal saja SPF 15 yang bermakna sunscreen akan bisa lindungi kulit dengan 15 kali lebih lama dibanding dengan kondisi kulit tanpa proteksi apapun. Sementara itu, jika SPF 50, maka sama juga artinya yakni bermakna sunscreen akan bisa lindungi kulit dengan 50kali lebih lama dibanding dengan kondisi kulit tanpa proteksi apapun. Intinya, makin tinggi SPF, maka makin tinggi juga perlindungan yang akan kamu rasakan di kulit.

PA

*gambar di atas hanya ilustrasi, bukan refrensi

Selain SPF, di sunscreen pun biasanya ada tulisan berupa PA. PA sendiri merupakan faktor yang ada di sunscreen dimana berfungsi untuk lindungi kulit dari UVA. UVA adalah sinar untra violet yang bisa sebabkan masalah penuaan dini pada kulit seperti garis halus di wajah hingga hyperpegmentation. Hiii, ngeri banget kan kalau sampai terjadi?

Berbeda dengan SPF yang disimbolkan dengan angka, PA biasanya ditandai dengan adanya tanda plus (+) di bagian belakangnya. Misalnya PA+ yang mengartikan jika sunscreen tersebut mampu lindungi kulit dengan kisaran waktu 2 sampai 4 jam. Selanjutnya, jika PA++, maka bisa lindungi kulit mulai dari 4 hingga 8 jam, dan seterusnya. Jika melihat dari produk sunscreen saat ini, maka yang terkuat adalah PA++++.

Dengan mengenal perbedaan dari SPF dan PA serta makna yang ada pada penulisannya, maka kamu pun akan bisa lebih mudah memahami mengapa penggunaan sunscreen itu penting. Selain itu kamu juga tahu bagaimana cara memilih sunscreen terbaik. Hal ini karena sunscreen memang sangat penting untuk keseharian kamu. Sunscreen sendiri bukan hanya penting untuk kamu yang banyak aktivitas luar ruangan. Kamu yang ada di dalam ruangan pun tetap berpotensi untuk terkena serangan UVA dan UVB lho yakni dari tembusan kaca yang menuju kulit. Itulah mengapa sunscreen tetap harus dipakai meski kamu ada di dalam ruangan. Kini sudah ada banyak produk sunscreen di pasaran sehingga kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Baca Juga:

^  REVIEW: Ertos Serum Kinclong Glow and Firm

^  Ucapkan Selamat Tinggal Pada Cinta yang Tidak Akan Pernah Menjadi Milikmu

^  10 Kebiasaan Buruk Ini Tak Disadari Buat Kuku Terlihat Jorok dan Rusak

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kapan Sih Waktu Terbaik Untuk Menggunakan Serum Vitamin C? Simak Penjelasan Berikut

Kapan Sih Waktu Terbaik Penggunaan Serum Vitamin C?