Anak tentu menjadi anugrah yang amat besar untuk pasangan yang sudah menikah. Mungkin jika kamu belum menikah maka akan berpikir bahwa memiliki anak itu hal yang mudah nantinya. Namun faktanya sebagian pasangan kerapkali tidak kunjung dikaruniai dengan keturunan meski sudah menikah dalam waktu yang lama.

Sulit memiliki anak memang ada sangkut pautnya dengan ketentuan dari Tuhan yang memiliki hak prerogatifnya sendiri. Meski demikian, sulit memiliki anak juga bisa jadi adalah berasal dari diri sendiri dan pasangan yakni ditengarai karena masalah kesehatan. Untuk lebih jelasnya, maka berikut ini beberapa faktor yang jadikan sulit memiliki anak.

 

Tingkat stres tinggi

Tubuh sangat tahu jika stres bukan kondisi yang maksimal untuk menjadi tempat pertumbuhan janin. Ini sudah dibuktikan dengan adanya gangguan pada pelepasan sel telur dari ovarium ketika kadar hormon stres meningkat. Dengan demikian, maka makin tinggi tingkat stres dan berlangsung lama, maka kemungkinan untuk bisa hamil makin rendah. Wanita pun juga saat stres umumnya tidak bersedia melakukan hubungan intim sehingga makin menjadikan kondisi sulit.

 

Gaya hidup tak sehat

Merokok, sering minum alkohol hingga kerapkali begadang menjadikan seseorang akan bisa mengalami gangguan di kesuburannya. Untuk pria, merokok serta minum alkohol bahkan bisa menjadikan produksi sperma turun sehingga memicu ereksi disfungsi. Sedang pada wanita, gaya hidup tak sehat tersebut bisa tingkatkan risiko keguguran, menjadikan menopause makin cepat hingga memicu cacat pada janin.

 

Berat badan berlebihan atau terlalu kurang

Mungkin kamu berpikir jika berat badan tidak ada hubungannya dengan memiliki keturunan. Tapi ternyata anggapan tersebut salah lho karena ketika kamu memiliki berat badan yang berlebihan atau justru terlalu kurang maka kondisi ini bisa jadikan siklus mens dan ovulasi terganggu. Sedangkan untuk pria, kondisi berat badan yang tidak ideal akan bisa menurunkan jumlah serta kualitas dari sperma. Itulah mengapa seseorang yang ingin hamil biasanya diminta untuk menjadikan badannya ideal.

 

Usia matang

Untuk wanita berumur lebih dari 35 tahun memang ditengarai memiliki kesempatan hamil yang lebih kecil. Hal ini lantaran di usia ini tingkat kesuburan akan cenderung menurun bertahap. Bahkan untuk penurunannya lebih drastis lagi di umur 37 tahun. Untuk pria sendiri, tingkat kesuburannya umumnya akan menurun di usia 40 tahun.

 

Memiliki gangguan kesehatan

Jika kamu merasa faktor di atas tidak terjadi pada dirimu, maka mungkin juga ada gangguan kesehatan yang tidak disadari. Gangguan kesehatan di organ reproduksi bisa memberikan pengaruh yang besar untuk memiliki keturunan. Untuk wanita biasanya mengalami kelainan rahim, tuba falopi tersumbat, PCOS, hingga endometriosis. Sementara untuk pria, gangguan kesehatan yang umum terjadi dan bisa jadikan kemungkinan memiliki keturunan lebih kecil adalah adanya gangguan di organ reproduksi, penyakit menular seksual hingga diabetes.

Itulah sedikit penjelasan terkait sebab dan faktor yang menjadikan proses memiliki keturunan menjadi tidak mudah. Jika kamu ingin segera memiliki anak, maka ada baiknya periksakan diri ke dokter dan ikut pada program hamil yang dianjurkan.

Baca Juga :

Mengenal Makna Di Balik Motif Batik Yang Paling Populer

Kopi Dapat Membantu Pertumbuhan Rambut? Mitos Atau Fakta Yaa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Makanan Berkalori Tinggi Dan Efek Sampingnya

Bagi para pejuang diet tentu sudah tidak asing