Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan

Menurunkan berat badan memang proses yang tidak sebentar. Bahkan ketika kamu hanya ingin menurunkan 5 kg bobotmu saja mungkin kamu butuh waktu setidaknya 2 bulan. Itu pun ketika kamu konsisten untuk melakukan diet yang baik dan sehat. Namun, banyak sekali pelaku diet yang seringkali tidak sabar dalam melakukan diet sehingga justru berat badan tidak turun-turun.

Sebelum kamu mengetahui cara yang tepat untuk diet, ada baiknya jika kamu tahu dulu cara menimbang badan yang benar. Menimbang badan kan mudah. Mungkin ada yang berpikir demikian karena memang proses menimbang berat badan memang hanya naik ke atas timbangan saja. Tapi sebetulnya penimbangan berat badan jika tidak tepat melakukannya maka bisa timbulkan hasil yang salah. Berikut ini beberapa hal penting tentang proses menimbang berat badan yang wajib kamu tahu.

 

Menimbang berat badan tidak perlu setiap hari

Berat badan sebetulnya adalah cerminan dari apa yang terjadi di tubuh di periode yang lama. Untuk itulah, jika kamu mengurangi makanan ataupun terlalu banyak makan selama satu hari maka tak akan langsung terpantau di timbangan. Jadi, tak ada gunanya menimbang terus menerus setiap hari karena jika kamu melakukannya setiap hari bisa jadi kamu malah terobsesi untuk menurunkan berat badan terus menerus. Untuk itu, menimbang berat badan ada baiknya dilakukan paling tidak seminggu sekali saja sehingga terpantau. Sebetulnya naik turunnya berat badan bisa diakibatkan karena berbagai faktor mulai dari kondisi cuaca, konsumsi makanan asin dan tepung serta perubahan hormon.

 

Timbang pada waktu yang sama

Usahakanlah jika menimbang berat badan adalah dilakukan di waktu yang sama yakni di hari dan jam yang sama tiap minggunya memakai timbangan yang sama juga. Selain itu jangan lupa untuk memakai pakaian serupa. Pastikan lepas sepatu dan pakaian yang dirasa berat karena bisa menjadikan perhitunganmu bertambah. Kamu bisa menimbang pagi hari dimana biasanya merupakan berat badan yang real lantaran belum dipengaruhi dengan variasi konsumsi makanan dan cairan.

 

Perhatikan posisi timbangan

Coba deh perhatikan posisi timbanganmu. Pastikan jika timbangan yang dipakai itu ada di permukaan lantai yang rata. Ketika kamu meletakkan timbangan di karpet tebal empuk atau justru lantai yang tak rata, maka risikonya adalah angka yang muncul tidak akurat.

 

Pakai cara lain dalam mengukur berat badan

Selain menggunakan timbangan, coba deh kamu kombinasikan dengan penghitungan cara lainnya misalnya dengan indeks massa tubuh. Penghitungan dengan IMT ini akan memberi tahu apa berat badan kamu kurang, ideal atau bahkan sudah masuk obesitas. Meski memang tidak bisa dipakai dalam mengetahui presentase lemak atau otot di tubuh, tapi ukuran ini bisa dipakai dalam mendeteksi risiko kesehatan yang ada hubungannya dengan berat badan berlebih.

Untuk lebih akurat, kamu bisa memilih menggunakan timbangan bentuk digital dimana bisa memberikan hasil yang tepat, bahkan dua angka setelah koma. Jika memang kamu memiliki timbangan non digital, maka coba menimbang ke rumah sakit, puskesmas hingga pusat kebugaran yang memiliki timbangan digital.

Baca Juga

REVIEW: Etude House 0.2mm Therapy Air Mask
Rawat Kaki dan Tangan Kamu Supaya Tidak Basah Karena Keringat Yaa. Karena Kamu Pasti Akan Risih
Bahagia Bersama Pasangan Adalah Impian Semua Wanita. Jadi, Pilihlah Dia yang Memperlakukan Kamu dengan Baik !

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Beberapa Olahraga Simple Yang Bisa Turunkan Berat Badan

Bingung Olahraga Yang Simpel Untuk Turunkan Berat Badan? Coba