Mengenal Lebih Dalam Tentang Plak Gigi

Gigi menjadi bagian tubuh yang penting dalam berjalannya kehidupan manusia. Hal ini karena manusia tak bisa dilepaskan dari makan dan ketika makan maka manusia membutuhkan gigi. Untuk itulah kesehatan dan kondisi gigi wajib untuk selalu diperhatikan. Namun kenyataannya, masyarakat masih belum sadar akan betapa pentingnya kesehatan gigi ini. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah dengan adanya plak gigi.

Apa itu plak gigi?

Plak gigi sendiri adalah lapisan lengket dan juga bening di permukaan gigi. Plak gigi terbentuk dari makanan yang bersisa. Ketika makanan itu tidak dibersihkan, maka plak gigi ini akan bisa mengeras dan kemudian menjadi karang gigi. Masalah plak ini biasa dianggap sepele oleh mayoritas orang. Padahal, ketika plak sudah berubah menjadi karang gigi, maka bisa menjadikan kerusakan. Tak hanya pada gigi saja lho, ternyata karang gigi ini bisa merusak ke jaringan pendukung di gigi.

Bahaya yang ditimbulkan oleh plak gigi

Seperti yang sudah dikatakan jika plak gigi ketika tidak dibersihkan maka akan bisa mengeras lalu berubah menjadi karang gigi. Karang gigi ini sulit dihilangkan lho dimana tak bisa hanya dengan disikat saja. Sisa makanan dan plak yang nantinya menjadi karang gigi ketika sudah menumpuk maka akan diubah menjadi asam oleh bakteri dan kuman. Inilah yang bisa jadikan gigi rusak dan berlubang. Sisa makanan yang menumpuk beserta bakteri pun akan bisa timbulkan bau mulut serta gangguan di gusi. Hiii, serem ya.

Ketika plak menumpuk dan kemudian berubah menjadi karang gigi maka bisa menyebabkan peradangan di gusi atau gingivitis. Gejala dari radang gusi sendiri diantaranya pembengkakan di gusi, warna gusi yang berubah jadi nampak lebih merah dan juga gusi berdarah, apalagi ketika sikat gigi. Ketika radang gusi berkembang menjadi lebih parah, maka kerusakannya bisa sampai ke tulang lho.

Cara hilangkan plak gigi

Sedini mungkin, ada baiknya plak gigi ini dibersihkan sebelum nantinya berubah jadi karang gigi dimana akan sangat sulit sekali untuk dihilangkan. Untuk bisa menghilangkan plak, maka kamu bisa melakukannya dengan cara mudah berikut ini:

Sikatlah gigi miniman 2 kali per hari menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride.
Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut.
Sikatlah gigi dengan teknik yang tepat, apalagi di bagian pertemuan dari gigi dan juga gusi.
Gunakanlah obat kumur sebagai tambahan. Pastikan jika obat kumur tersebut mengandung antiseptik. Gunakan obat kumur ini setiap hari dengan rutin sehingga bakteri yang berbahaya bisa hilang dimana bakteri inilah yang bisa membentuk plak.
Jika memungkinkan, kamu dapat membersihkan sela gigi memakai benang gigi juga tiap harinya.

Jangan lupa juga untuk menjaga pola makan serta batasi kebiasaan ketika kau makan snack atau ngemil. Coba untuk ganti camilan kamu dengan buah dan sayur lantaran mampu membantu air liur demi menetralisir asam dari plak gigi itu. Yang juga tak kalah penting yakni untuk selalu memeriksakan gigi rutin setiap 6 bulan sekali di dokter gigi.

Baca Juga

^  REVIEW: Loujene Tokyo 12 Colors Eyeshadow Palette

^  Sebelum Menikah, Pastikan Kamu Dan Pasangan Telah Membicarakan Masalah Ini. Kalau Tidak, Bisa Fatal Akibatnya

^  Cara Terbaik untuk Menghilangkan Cat Kuku Tanpa Remover

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Makanan Ini Yang Menyebabkan Sembelit Saat Puasa

Ternyata Makanan Ini Yang Menyebabkan Sembelit Kala Puasa