Mengenal Manfaat Kacang Tanah Untuk Diet Yang Seringkali Diabaikan

Kacang tanah menjadi salah satu camilan yang disukai oleh banyak orang. Rasanya gurih, baik direbus atau digoreng. Tak heran jika belum habis kacang tanahnya, maka belum berhenti juga ngemilnya. Selama ini, banyak pelaku diet yang kerap menghindari kacang tanah. Padahal manfaatnya ternyata besar lho.

Kacang tanah sendiri diketahui masuk dalam kelompok legume sehingga tidak sama jika dengan kacang-kacangan yang asalnya dari pohon misalnya kacang mete, almond atau kenari. Namun, mengingat nutrisinya hampir sama, maka semuanya pun akhirnya disebut dengan kacang-kacangan.

Manfaat kacang tanah

Ternyata sudah ada beragam studi yang mengungkapkan jika ada kacang tanah ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaatnya:

kacang tanah memiliki kandungan vitamin E, protein, mangan, asam folat, biotin, serat, lemak tak jenuh tunggal hingga magnesium dan kaya dengan antioksidan. Kandungan nutrisi tersebut memiliki peran untuk kurangi risiko penyakit jantung. Penelitian pun sudah mengungkapkan jika risiko penyakit jantung pada mereka yang konsumsi kacang tanah sebanyak 140 gram per minggunya bisa turun hingga 35% lho.
Kadar kolesterol baik akan bisa meningkat dan mampu kurangi kandungan kolesterol yang jahat.
Kacang tanah bantu mencegah pengerasan pada arteri dan bisa bantu untuk melebarkan pembuluh darah.

Kacang tanah untuk diet

Ternyata penelitian sudah menemukan jika kacang tanah justru amat baik bagi mereka yang sedang melakukan diet. Orang yang sering konsumsi kacang tanah justru terbantu dalam melakukan diet dan menurunkan berat badannya. Alasannya adalah karena kacang tanah mampu memberikan efek kenyang lantaran mengandung lemak dan juga serat. Rasa kenyang inilah yang jadikan rasa ingin menyemil kemudian berkurang.

Kacang tanah dalam aktivitas diet bisa kamu manfaatkan sebagai camilan lho. Dengan demikian kamu tetap bisa memakan makanan ringan tapi tetap sehat. Berikut ini beberapa tipsnya:

Kacang mengandung 160 hingga 200 kalori dalam tiap 28 gram. Semua kalorinya berasal dari kandungan lemak yang tak jenuh tunggal dimana disarankan tiap hari. Angka tersebut sekiranya adalah segenggaman tangan.
Agar bisa hindari konsumsi yang berlebih, maka ambil saja kacang dengan mangkuk kecil seperlunya lalu nikmati secara perlahan. Dengan demikian kamu bisa lebih menyadari dan mengontrol seberapa besar kamu sudah menyantapnya.
Jangan lupa juga jika di kantor atau di perjalanan kamu juga butuh camilan demi hindari makanan ringan tak sehat. Bungkuslah kacang dalam plastik kecil sehingga bisa lebih mudah dibawa.
Tak hanya kacang dalam bentuk asli saja, kamu juga bisa konsumsi kacang tersebut dalam bentuk selai lho. Kamu bisa menyantapnya bersama roti gandum atau apel.
Dibandingkan dengan digoreng, kacang rebus atau panggang bisa jadi pilihan yang lebih menyehatkan.

Kacang tanah amat baik bagi kamu yang sedang jalani diet. Namun, jika kamu alergi maka tentunya wajib dihindari dong. Usahakan untuk menyantap kacang tanah sesuai dengan porsi yang sudah ditentukan dan jangan lebih. Dengan demikian, maka kamu tetap bisa menikmati camilan nikmat dan tubuh tetap sehat serta berat badan bisa turun. Menyenangkan bukan?

Baca Juga

^  Curiga Orang Tua Punya Masalah Kesehatan Mental yang Diabaikan? Ajak Ngobrol dengan Cara Ini

^  REVIEW: Jedar Lip Matte

^  Perbedaan yang Menakjubkan Antara Cowok dan Cewek Jatuh Cinta, Percaya Ga?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Air Es Bisa Turunin Berat Badan? Serius? Gimana Caranya? Ini Dia!

Tubuh yang ideal selalu menjadi dambaan untuk setiap