Kedelai hitam punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Warna kedelai ini berbeda dengan kedelai biasanya dimana memiliki warna yang gelap. Kedelai yang satu ini mampu memelihara kesehatan jantung hingga pembuluh darah. Selain itu kedelai hitam pun bisa turunkan risiko kena penyakit jantung dan juga memerangi kanker. Wah, ajaib sekali ya kedelai hitam ini.

 

Kedelai hitam memiliki banyak manfaat ternyata karena kandungan yang ada di dalamnya. Selain tinggi akan protein, kedelai hitam pun mengandung banyak sekali serat, vitamin B12, A, K hingga zat besi, magnesium, kalium, folat dan antioksidan lho. Di samping itu, kedelai hitam punya kadar lemak dan juga karbohidrat yang justru rendah. Berikut ini beberapa manfaat kedelai hitam bagi kesehatan.

 

Mencegah dan melawan kanker

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya jika kedelai hitam mengandung antioksidan insoflavon. Isoflavon sendiri adalah zat yang fungsinya mirip hormon estrogen. Tentunya zat ini bisa kurangi risiko kemunculan beberapa jenis kanker misalnya kanker payudara sampai kanker prostat. Kedelai hitam pun kaya dengan fitosterol dan juga saponin yang dipercaya mampu lawan kanker. Tentunya kekhawatiran akan penyakit kanker bisa terminimalisir dengan kamu konsumsi kedelai hitam ini.

 

Bantu kurangi kolesterol

Karena kandungan serat dan juga antioksidan yang tinggi, kedelai hitam pun mampu membantu untuk mengurangi kolesterol lho. Bagi yang memiliki kolesterol tinggi, maka kedelai hitam ini sangat cocok untuk dikonsumsi tiap harinya. Kamu bisa menjadikannya menu-menu yang tak membosankan dan dicampur juga ke makanan kamu.

 

Kurangi risiko penggumpalan darah

Penggumpalan darah atau dikenal dengan trombosis mampu menjadikan efek fatal ketika menyumbat aliran darah di organ yang penting misalnya paru, otak atau jantung. Jika kamu rutin konsumsi kedelai hitam ini, maka terbentuknya gumpalan darah yang bisa akibatkan sumbatan tersebut bisa kamu minimalisir. Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian sehingga tentunya konsumsi kedelai hitam bisa jadi upaya untuk menjaga kesehatan.

 

Jaga kestabilan gula darah

Kedelai hitam mengandung zat aktif dan nutrisi dimana juga bermanfaat untuk jaga kadar gula darah yang normal lho. Penelitian dengan skala kecil telah dilakukan dimana untuk mengkaji hal ini. Penelitian ini pun ternyata menunjukkan ika orang yang rutin konsumsi kedelai hitam mempunyai kadar gula darah cenderung lebih stabil.

 

Melancarkan sirkulasi darah serta mencegah penyakit jantung

Perlu diketahui jika di dalam kedelai hitam juga mengandung lemak. Wah, pasti nggak sehat dong! Tunggu dulu, lemak yang dikandung di kedelai hitam ini adalah lemak sehat lho yakni asam alfa linoleat dimana merupakan suatu jenis asam lemak omega 3. Kandungan alfa linoleat ini pun menjadikan kedelai hitam memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Belum lagi kandungan serat tingginya yang juga bisa bantu cegah penyakit jantung.

 

Itulah beberapa manfaat dari kedelai hitam yang harus kamu ketahui. Dengan seluruh manfaat besarnya, maka jangan sampai kamu melewatkan konsumsi kedelai hitam ini ya. Kamu bisa mengolahnya menjadi susu kedelai, peyek kedelai, menambahkan di masakan dan masih banyak lagi demi mendapatkan manfaatnya.

 

Baca Juga :

Yuk Kenali Manfaat Susu Kedelai Selain Untuk di Konsumsi

Jangan Meremehkan Kedelai! Inilah 3 Manfaat Tersembunyi Dari Kedelai

Manfaat Hebat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apa arti Self-Isolation dan Social Distancing? Mengapa kita harus melakukannya?

Ketika jumlah kasus Virus Korona terus bertambah dan