Kehamilan pastinya jadi momen yang selalu spesial bagi semua wanita. Jika kehamilan sudah masuk trimester ketiga, maka kamu pasti merasakan berbagai macam perubahan yang kian kentara di tubuh, terutama dengan perut yang kian membuncit. Ibu hamil pun kemungkinan akan mampu merasakan tanda bahwa janin sudah mulai masuk ke jalan lahir. Dengan demikian, maka persiapan proses persalinan pun juga sudah harus benar-benar disiapkan.

Ketika janin sudah masuk jalan lahir, maka ini adalah salah satu dari sekian banyak tanda bahwa persalinan sudah kian dekat. Umumnya hal ini terjadi beberapa minggu sebelum waktu bersalin. Tapi jangan khawatir karena banyak juga ibu hamil yang merasakan ini hanya beberapa jam sebelum persalinan. Untuk tanda-tandanya, berikut ini ulasannya.

Bisa bernapas lebih lega

Masuk trimester ketiga di waktu akhir kehamilan, ibu hamil umumnya mampu bernapas dengan lebih lega. Ini disebabkan karena janin sudah mulai turun ke jalan lahir. Tentunya ini berefek pada paru-paru yang lebih bisa mengembang dengan baik karena lebih banyak ruang dibanding sebelumnya. Apa kamu merasakan demikian ladies?

Meningkatnya intensitas buang air kecil

Saat masuk ke trimester ketiga kehamilan, frekuensi buang air kecil kamu pastinya meningkat dibanding sebelumnya. Tapi belum cukup sampai disitu karena frekuensi buang air kecil ini akan makin meningkat seiring dengan turunnya janin ke jalan lahir. Ini karena adanya tekanan dari kepala janin pada panggul sehingga mampu menekan kantung kemih. Tak heran jika banyak sekali ibu hamil di trimester tiga akhir kehamilan yang sulit tidur karena kondisi ini.

Nyeri di bagian panggul

Hal lainnya yang bisa jadi tanda bahwa janin kamu sudah mulai masuk ke jalan lahir yakni dengan terasa nyeri pada bagian panggul. Jangan heran jika kamu sering merasa demikian karena posisi kepala janin sendiri sudah masuk ke jalan lahir sehingga panggul pun tertekan. Tentunya efeknya pun menjadikan nyeri pada panggul. Tenang saja, ini normal kok ladies.

Kontraksi palsu kian sering

Perlu diketahui jika kontraksi sendiri ada dua yakni kontraksi palsu dan asli. Kontraksi asli terjadi saat akan benar-benar melahirkan. Sedangkan kontraksi palsu adalah efek masuknya kepala janin pada jalan lahir. Selain itu banyak faktor juga yang mempengaruhi adanya kontraksi palsu ini seiring dengan tubuh yang beradaptasi karena akan menjalani proses persalinan.

Cairan dari vagina makin banyak keluar

Kepala janin akan menekan bagian leher rahim ketika proses masuknya ke jalan lahir. Inilah yang menjadikan cairan dari vagina pun terpicu keluar. Meski terasa tidak nyaman dan miss V selalu basah, tapi ini bermanfaat membuka jalan lahir lho. Pastikan celana dalam selalu bersih dan diganti jika memang sudah lembab. Jangan sampai ada masalah lain yang timbul karena kamu kurang jaga kebersihan ya.

Perut terasa turun

Jika kamu merasakan bahwa perut terasa turun, maka bisa jadi jika janin memang sudah masuk jalan lahir. Kamu pun merasakan ruang yang seolah kosong diantara bagian dada dan perut atas.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/berat-badan-bisa-pengaruhi-kesuburan-dan-sulit-hamil-benarkah-demikian/

http://www.tampilcantik.com/yuk-kendalikan-asma-saat-hamil-dengan-tips-berikut-ini/

http://www.tampilcantik.com/mood-swing-saat-hamil-coba-atasi-dengan-tips-berikut-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Bubble Tea? Waspadai Risikonya Jika Konsumsi Berlebihan

Bagi kamu yang suka dengan minuman kekinian, maka