Tumbuh bulu di beberapa bagian tubuh yang tidak diinginkan memang menjadikan kepercayaan diri berkurang. Jika memang kamu merasa terganggu dengan kondisi tersebut, maka kamu bisa mencoba prosedur laser untuk menghilangkannya. Ini karena menghilangkan bulu dengan mencabut, mencukur atau wax hanya bisa bertahan sesaat saja sehingga harus melakukannya berulang kali.

Beberapa waktu belakangan ini prosedur laser sedang sangat ngetren di kalangan masyarakat karena terbukti bulu bisa tersingkir dalam waktu yang cukup lama. Prosedur laser sendiri dilakukan dengan memancarkan sinar kekuatan tinggi di akar rambut. Nah, energi dari sinar laser tersebut diserap dari zat warna ataupun melamin pada akar rambut lalu energi panas timbul sehingga bisa rusak akar rambutnya.

Umumnya kamu butuh 2 hingga 6 kali prosedur laser untuk bisa hilangkan bulu pada area yang diinginkan dengan sempurna. Meski laser tidak menghilangkan bulu dengan permanen, tapi bulu akan tumbuh lagi nanti dengan waktu lama misalnya dalam hitungan bulan atau tahun. Efektif memang, tapi prosedur ini juga bisa timbulkan risiko lho. Yuk cari tahu.

Kulit iritasi

Kulit akan bisa mengalami iritasi ketika melakukan prosedur laser. Ini ditandai adanya kemerahan dari area yang baru saja dilaser. Bahkan pembengkakan dengan nyeri juga bisa terjadi lho. Tapi nantinya efek ini akan bisa hilang dalam waktu beberapa jam.

Warna kulit berubah

Laser Hair Removal

Jika kamu memiliki warna kulit yang terang, maka ada kemungkinan nantinya kamu akan mengalami warna kulit berubah usai laser dilakukan. Tenang saja, efek samping perubahan warna kulit hanya sementara saja kok. Tapi memang ada beberapa kasus yang menunjukkan jika perubahan warna kulit bisa terjadi permanen. Untuk itu pahami kondisi kulitmu dan konsultasikan dengan praktisi laser.

Perubahan tekstur di kulit

Kadang terjadi juga lepuhan di kulit karena prosedur laser. Bahkan lepuhan ini bisa terjadi dengan adanya cairan ataupun sel mati mengering. Dari sinilah jaringan parut dapat terbentuk usai prosedur laser. Jika kamu memiliki riwayat penyakit herpes simpleks, maka ada kemungkinan juga bisa kambuh.

Pertumbuhan bulu berlebihan

Agak seram memang karena di kasus tertentu ada juga yang justru mengalami pertumbuhan bulu dengan berlebihan karena prosedur laser ini. Efek ini memang jarang sekali terjadi tapi kebanyakan terjadi pada orang dengan kulit gelap.

Nah, jika kamu memang siap dengan segala efek sampingnya, maka kamu bisa mempersiapkan diri sebelum menjalani prosedur ini. Berikut ini beberapa persiapan penting yang bisa kamu lakukan:

  • Prosedur laser harus dilakukan dokter yang terlatih dan berpengalaman. Jangan sampai kamu melakukan prosedur laser di klinik atau tempat yang tidak terjamin praktisinya.
  • Informasikan terkait riwayat penyakit serta obat jika kamu sedang konsumsi obat tertentu.
  • Jangan lupa tanya pada dokter terkait prosedur laser, persiapan dan perawatan yang dibutuhkan.
  • Sejak 6 minggu sebelum laser, ada baiknya kamu hindari paparan sinar matahari di bagian kulit yang akan di laser itu. Ini demi meminimalisir iritasi dan juga warna kulit berubah.
  • Hindari juga melakukan pencabutan bulu dan waxing sejak 6 minggu sebelumnya.

Baca Juga:

http://www.tampilcantik.com/segala-hal-yang-perlu-kamu-tahu-sebelum-melakukan-laser-hair-removal/

http://www.tampilcantik.com/mengencangkan-kulit-dan-hilangkan-keriput-dengan-erbium-laser/

http://www.tampilcantik.com/mengenal-lebih-dalam-tentang-profesi-dokter-estetika/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sudah Diet Tapi Berat Badan Tak Turun Juga? Coba Cara Tradisional Yuk!

Berat badan kerap menjadi masalah pelik untuk sebagian