Kehamilan tentu menjadi momen spesial di hidup seorang wanita. Tak hanya sang istri saja yang harus berjuang ketika kehamilan, tapi para suami juga harus mencoba untuk lebih mengerti kondisi sang istri. Salah satu kondisi yang kerap terjadi yakni adalah mood swing atau perubahan suasana hati dimana wanita kerap mudah tersinggung, marah, hingga menangis.

 

Kondisi seperti ini biasa terjadi di trimester pertama kehamilan. Kebanyakan wanita di trimester selanjutnya sudah bisa mengatasinya dan lebih terkontrol. Tapi mood swing ini pun bisa terjadi sampai trimester juga jika si ibu hamil tidak berusaha untuk mengatur hatinya sendiri. Yuk lebih mengenal kondisi mood swing ini.

 

Penyebab mood swing ibu hamil

Untuk faktor utama yang menjadi penyebab mood swing pada ibu hamil yakni dari kondisi perubahan hormon. Ketika hamil, hormon esterogen dan progesteron pada tubuh akan meningkat dengan signifikan. Inilah yang menjadikan zat kimia di otak yang tugasnya adalah mengatur suasana hati terpengaruh.

 

Selain dari kondisi perubahan hormon, ada faktor lain juga yang mempengaruhi suasana hati pada ibu hamil seperti:

  • Perubahan pada metabolisme tubuh.
  • Rasa tidak nyaman yang kerap timbul ketika hamil mulai dari sembelit, nyeri payudara, pegal, hingga morning sickness.
  • Pikiran meresahkan misalnya seperti apa rasanya lahiran, apakah bayi sehat dan lain sebagainya.

 

Tips mengatasi mood swing saat hamil

Untuk bisa mengatasi mood swing ketika hamil, maka ada baiknya jika kamu berkomunikasi dengan suamimu. Utarakan apa yang kamu rasakan dan pikirkan sehingga dirinya pun mengerti. Ajak juga suami untuk hadir di kelas kehamilan dan memperbanyak ilmu tentang kehamilan sehingga suamimu tidak bingung dengan kondisi yang sedang kamu alami. Peran suami saat kamu hamil memang sangat penting.

 

Selain itu, berikut ini beberapa tips lain yang bisa kamu lakukan untuk atasi mood swing:

  • Ajaklah suami untuk berbincang-bincang di waktu tertentu. Pillow talk bisa kamu terapkan di kehidupan pernikahan kalian. Mintalah ia untuk memberikan waktu khusus hanya untukmu sehingga kamu bisa mengeluarkan uneg-uneg di pikiranmu.
  • Kehamilan kerapkali menjadikan tubuh merasa tidak nyaman, sakit dan lelah sehingga menjadikan kamu pun akhirnya kurang tidur saat malam hari. Ini juga bisa jadi penyebab mood swing lho. Jika demikian, ada baiknya kamu untuk mengambil waktu khusus untuk bisa tidur di siang hari sehingga waktu tidur pun akan cukup.
  • Berbagai keluhan juga kerap muncul saat hamil karena makanan yang dikonsumsi kurang sehat misalnya perut tak nyaman, sembelit dan lainnya. Jadi, ada baiknya mulailah memperbaiki pola makan yang sehat saat kamu hamil.
  • Olahraga juga bisa menjadikan mood lebih tertata. Untuk itu, olahraga pun harus jadi aktivitas yang wajib kamu lakukan. Kamu bisa jalan santai ketika pagi dan sore, prenatal gentle yoga dan lain sebagainya. Olahraga bisa juga mengajak suami sehingga kamu pun akan lebih merasakan kedekatan dengan suami.
  • Pastikan untuk menikmati kehamilan kamu. Jika kamu bosan, kamu bisa ajak suami lakukan aktivitas menyenangkan seperti nonton film, makan di restoran, shopping dan lainnya.

 

Baca Juga :

Bingung Membedakan Darah Menstruasi dan Flek Awal Kehamilan? Begini Caranya

Diet Saat Hamil? Yuk Kenali Pertambahan Berat Badan Ibu Hamil Yang Normal

Kulit Makin Glowing Saat Hamil, Ini loh Rahasia Meghan Markle

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Olahraga Berlebihan Itu Tidak Baik, Yuk Atur Lagi Jadwal Olahraga Untuk Dietmu

Olahraga rutin tentu sangat penting untuk rencana diet