Bagi para wanita, jerawat menjadi musuh yang paling sering mendatangi dan mengganggu. Jerawat bisa disebabkan oleh berbagai macam hal misalnya hormon/stres, debu/kotoran yang tersumbat di pori-pori kulit kita, atau bisa juga diakibatkan oleh penumpukkan minyak yang berlebih pada pori-pori. Ketika seseorang yang jarang sekali berjerawat biasanya akan merasa aneh dan sangat risih ketika tiba-tiba jerawat muncul di daerah wajah. Akhirnya kita akan berusaha sekuat tenaga untuk menghilangkan jerawat tersebut dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Terkadang pula kita malah berusaha menghilangkan jerawat tersebut secara paksa dengan menggaruk lapisan jerawat tersebut atau memecahkannya. Cara tersebut sangat salah dan dapat berakibat cukup fatal seperti timbulnya kerusakan pada sel kulit wajah. Bagi kita yang memiliki kondisi wajah yang kering, jerawat akan lebih mudah untuk mengering, jadi bisa saja kita mengeluarkan jerawat tersebut dengan tangan atau alat yang bersih, tidakan ini tidak begitu berisiko jika semuanya bersih dan jerawat pun sudah mengering dengan sempurna. Berbeda dengan kita yang memiliki kulit yang berminyak, untuk menunggu jerawat mengering pasti membutuhkan waktu yang lebih lama lagi, maka jangan sekali-kali mengeluarkan jerawat jika masih berwarna kemerahan atau masih basah.

Bagi yang memiliki kulit yang berminyak, untuk memercepat mengeringnya jerawat dapat dilakukan beberapa cara seperti berikut.

Yang pertama, pastikan untuk tidak menyentuh wajah.

Kulit yang berminyak akan lebih mudah membuat debu atau kuman lainnya menempel pada kulit. Usahakan untuk tidak memegang wajah dengan tangan atau alat yang tidak bersih. Jangan pula untuk memegah jerawat terlalu sering karena kuman atau debu yang menempel akan menambah iritasi tersebut.

Kedua, bersihkan wajah dengan sabun muka sebanyak 2 atau 3 kali sehari dengan gerakan yang lembut.

Bagi kulit berminyak, mencuci wajah merupakan tindakan yang dapat membuat wajah menjadi bebas dari minyak. Wajah yang kering atau bebas dari minyak akan memercepat proses pengeringan jerawat itu sendiri. Gosok wajah dengan lembut juga membantu memerkecil gesekan pada jerawat untuk mencegah iritasi bertambah parah.

Ketiga, jangan tutup jerawat dengan make up atau plester.

Cara ini tidak begitu berpengaruh banyak pada jerawat, namun diusahakan untuk membiarkan jerawat terbuka. Jika kita harus menggunakan make up, usahakan untuk menggunakan alat dan juga tangan yang bersih, serta tidak menyentuh bagian yang berjerawat dengan kasar. Mungkin bisa lakukan gerakkan menepuk pelan pada daerah yang berjerawat.

Poin penting yang perlu diperhatikan jika kita sedang berjerawat yaitu pastikan bahwa kulit kita selalu dalam keadaan kering untuk memercepat keluarnya jerawat, tidak memegang jerawat terlalu sering atau menggeseknya dengan kasar agar tidak semakin iritasi, terakhir pastikan tangan atau alat-alat yang digunakan untuk menyentuh bagian yang berjerawat dalam keadaan bersih agar tidak menambah kuman penyebab iritasi kulit yang berjerawat.

Demikian tips untuk menangani wajah yang sedang berjerawat. Jangan panik jika tiba-tiba jerawat muncul di wajahmu, dan tangani jerawat tersebut dengan sabar karena jika sudah dipastikan perawatan baik dan bersih, pasti jerawat akan lebih cepat hilang atau enggan kembali lagi.

Baca Juga Kulit Berminyak dan Jerawat? Komplit Sudah Penderitaan Kamu. Makanya Segera Atasi dengan Cara Ampuh Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rambut Kamu Sering Kering Dan Kusut? Ini Dia Tips Alami Yang Dapat Membuat Rambut Kamu Sehat, Lembut Dan Indah

Selain wajah, rambut juga menjadi salah satu anggota