Jika kamu adalah tipe yang tidak bisa bangun dan bersemangat menjalani hari sebelum meneguk secangkir kafein, maka pasti kamu tak pernah melewatkan ritual minum kopi pagi. Namun, walaupun kopi adalah minuman yang nikmat dan sebenarnya menyehatkan, nyatanya mengkonsumsinya tidak selalu baik bagi kamu. Kita semua pasti pernah menambahkan gula, sirup manis dan krim untuk membuat kopi tambah nikmat. Padahal, ini justru berdampak buruk. Kamu bukannya membuat kopimu jadi lebih bernutrisi, tetapi malah penuh kalori yang bisa membuat tubuhmu kelebihan kalori dan meningkatkan berat badanmu.

Apa yang bisa kita lakukan untuk membuat kopi pagi kita lebih bernutrisi dan tetap sehat?

Tambahkan Kayu Manis

Untuk rasa yang lebih menarik sekaligus membuat kopimu jadi lebih bernutrisi, coba taburkan sejumlah kayu manis pada kopimu. Selain nikmat dan bisa membuat kopimu terasa unik, kayu manis juga akan membuat minuman favoritmu ini jadi lebih sehat. Kayu manis memang terbukti mampu mengurangi kolesterol dan kadar gula dalam darah. Memulai harimu dengan kopi berkayu manis adalah cara sempurna untuk mengawali hari sehat dan bersemangat.

Pilih Organik

Memang, signifikansi label organik pada makanan saat ini masih penuh perdebatan. Banyak yang bilang bahwa ini adalah cara etis untuk mengkonsumsi, sekaligus juga cara memastikan apa yang kamu konsumsi sehat. Namun, yang jelas, ama untuk bilang bahw amengkonsumsi kopi organik adalah sebuah langkah yang sangat baik. Kopi yang ditanam secara  konvensional disemproti dengan banyak pestisida. Tentu, ini bukanlah jenis kopi yang kamu inginkan untuk memulai harimu.

Hindari pemanis buatan

Adalah hal yang sudah jelas bahwa pemanis buatan dan tambahan lain tidak membuat kopimu lebih bernutrisi, hanya membuatnya lebih berbahaya bagi kesehatanmu. Ada banyak sekali kalori ekstra di sana sehingga kamu akan mengkonsumsi lebih banyak gula dari yang kamu butuh dan inginkan. Jika kamu memang tidak bisa minum kopi yang hitam pekat begitu saja, coba tambahkan bubuk kakao pada seduhanmu. Ini membuat kopimu jadi ada rasanya namun masih jauh lebih sehat daripada bahan tambahan seperti pemanis buatan.

Perbanyak Minum Air

Bukan, maksudnya bukan menambahkan lebih banyak air pada kopimu agar jadi lebih encer. Kamu memang harus minum lebih banyak air apalagi jika ingin kopimu jadi sehat. Teguklah segelas besar air pada pagi hari, bahkan sebelum kamu mengkonsumsi kopi. Hal ini karena kamu pasti sebenarnya telah dehidrasi menghabiskan semalaman tidur. Air segar akan membuat sistemmu menjadi lebih baik dan siap mulai lagi. Selain itu, kopi juga memiliki sifat diuretik, yang artinya bisa membuatmu merasa lebih terdehidrasi setelah meminumnya. Jadi, sebaiknya, setiap selesai mengkonsumsi secangkir kopi, kamu mengganti cairan tubuhmu yang akan hilang dengan minum segelas besar air segar. Dengan ini, kamu akan menjadi lebih berenergi, fokus, dan siap untuk memulai harimu dengan lebih bersemangat!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Tips Berbelanja dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Self Isolation

Wabah Virus Corona telah mengubah banyak aktivitas harian