Jogging di pagi hari  adalah kebiasaan sehari-hari bagi banyak orang. Ini adalah olahraga ringan  yang memungkinkan kamu mendapatkan semua manfaat latihan tanpa menempatkan tubuh kamu di bawah tekanan dalam jumlah besar. Selain itu,  jogging adalah salah satu bentuk latihan sederhana yang dapat dilakukan oleh semua kelompok usia. Latihan ini bermanfaat bagi kesehatan otak dengan melepaskan endorfin yang dapat membantu menenangkan stres. Ditambah lagi, jogging juga meningkatkan kapasitas paru-paru sekaligus meningkatkan kadar kolesterol darah. Sebuah data mengungkapkan bahwa jogging secara teratur dapat meningkatkan harapan hidup lima sampai enam tahun pada pria dan wanita. Jika kamu ingin tetap sehat secara fisik agar pikiran dan tubuh kamu tetap segar dan juga kehilangan beberapa kalori, cobalah jogging. Tapi pertama-tama kamu harus tahu tentang manfaat jogging untuk kesehatan.

  1. Manfaat Kesehatan Jantung

Rutin melakukan joging bisa menjadi latihan kardio yang hebat. Ini memperkuat otot-otot jantung dan membuat mereka bekerja lebih efisien. Selain itu, jogging juga dapat mengendalikan tekanan darah, kadar glukosa darah dan kolesterol. Jogging membantu memompa darah lebih cepat di jantung dan mencegah risiko penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Saat kamu jogging, tubuh melepaskan endorfin, sekelompok hormon yang bertanggung jawab untuk menentukan apa yang kamu rasakan. Hormon  ini membuat kamu  merasa baik secara alami, dan dengan demikian mengurangi stres dan ketegangan kamu. Itulah salah satu alasan tubuh terasa segar setelah jogging.

  1. Bermanfaat Untuk Tulang

Saat kamu jogging, tulang mengalami sejumlah tekanan dan ini membuat jaringan tulang disiapkan untuk beban tambahan setiap hari. Jogging juga memperkuat tulang dan membantu mencegah cedera yang berhubungan dengan tulang, dengan membuatnya lebih kuat.

  1. Membantu menurunkan Berat Badan

Jogging membantu membakar kalori ekstra dan jika kamu berencana untuk jogging saja, itu tidak akan berhasil menurunkan berat badan. Jogging bersamaan dengan diet yang tepat akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Ini adalah latihan aerobik yang membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh dengan membuatnya lebih cepat dan mudah membakar lemak.

  1. Manfaat Untuk Sistem Pernapasan

Jogging diketahui membuat sistem pernafasan bekerja secara efisien. Ini meningkatkan kapasitas paru-paru untuk menyerap lebih banyak oksigen dan membantu meningkatkan kapasitas daya tahan otot-otot pernapasan. Jika kamu menderita masalah pernapasan, jogging adalah pilihan yang baik.

Nah, inilah beberapa manfaat dari jogging yang harus kamu ketahui. Karena sekarang kamu sudah tahu manfaat yang akan kamu dapatkan dengan melakukan jogging, maka sekarang adalah saatnya untuk kamu melakukan jogging secara rutin dirumah. Jika kamu terlalu sibuk, maka kamiu bisa menyempatkan waktu beberapa menit sebelum bekerja untuk jogging. Hal ini juga akan sangat bermanfaat untuk kesehatan kamu.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Walaupun Sering Membuat Menangis, tetapi Daun Bawang Memiliki Banyak Manfaat Lho

Daun bawang berkaitan erat dengan bawang merah dan