Masker mulut sangat umum digunakan kala bepergian. Alasannya tentu saja karena penggunaannya yang dianggap bermanfaat bagi kesehatan apalagi dalam hal pencegahan penularan penyakit. Apakah benar demikian? Simak penjelasannya yuk.

 

Saat ini setidaknya terdapat dua jenis masker mulut umum yang banyak dipakai secara bebas bagi masyarakat yakni masker bedah khusus untuk sekali pakai, serta masker N95 yang bisa dipakai beberapa kali. Berdasar penelitian, ada banyak sekali manfaat penggunaan masker mulut bagi kesehatan diantaranya:

 

Menghindari polusi udara

Asap kendaraan bermotor, rokok, debu, asap pabrik dan lainnya merupakan jenis polusi udara yang sangat umum untuk ditemukan tiap harinya. paparan polusi ini bisa menjadikan kinerja paru-paru pun terganggu sehingga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan pernapasan misalnya asma dan juga PPOK, kelahiran prematur hingga penyakit jantung.

 

Untuk masyarakat yang tinggal di kawasan polusi tinggi, maka ini bisa jadi alasan utama dalam pemakaian masker saat keluar rumah. Kamu bisa menggunakan masker N95 dimana mampu menyaring udara kotor sebelum dihirup hidung.

 

Mencegah penularan penyakit

Berdasar penelitian, memakai masker mulut bisa bantu untuk mencegah kamu dalam menularkana ataupun tertular dengan penyakit misalnya flu, batuk, ISPA hingga sindrom pernapasan berat akut. Untuk itu, penggunaan masker mulut bisa jadi cara terbaik agar tidak mudahnya tertular serta menularkan penyakit. Masker yang dipakai secara benar pastinya akan bisa membantu untuk mencegah virus serta bakteri yang menyebar lewat lendir ataupun cairan ketika kamu bersin dan batuk.

 

Lindungi wajah dari polusi dan sinar matahari

Tak kalah pentingnya adalah penggunaan masker mulut bisa juga untuk perlindungan sebagian kulit kamu dari paparan polusi dan juga sinar matahari lho. Ya, seperti yang sudah diketahui jika polusi dan sinar matahari bisa jadikan banyak efek negatif dan masalah untuk kulit misalnya dengan menyebabkan penuaan dini, meningkatkan potensi kambuhnya eksim, flek hitam, jerawat dan yang paling parah yakni kanker kulit. Untuk memaksimalkan perlindungan, jangan lupa pakai kacamata hitam, topi dan pastinya tabir surya ya ladies.

 

Nah, setelah tahu manfaat dari penggunaan masker mulut, maka kamu juga harus tahu bagaimana cara memilih masker mulut yang tepat. Berikut ini penjelasannya.

 

Masker sekali pakai

Masker bedah sekali pakai ini bisa lindungi saluran pernapasan dari percikan batuk dan bersin orang lain. Selain itu, masker ini pun bisa cegah tetesan cairan tubuh dengan kandungan virus dan juga kuman keluar lewat hidung dan mulut. Namun, kelemahannya adalah partikel kecil misalnya virus di udara.

 

Masker N95

Dinamakan demikian karena diduga mampu menyaring partikel yang ada di udara sampai dengan 95% lho. Maskernya dibuat pas di wajah yang dimaksudkan agar virus tidak masuk lewat udara melalui celahnya. Perlindungannya tentu lebih maksimal dibanding masker bedah.

 

Namun, tetap saja penggunaan masker tidak dapat dijadikan tameng utama dalam melindungi diri dari kuman, bakteri dan virus. Kebiasaan seperti mencuci tangan, mandi bersih dan melindungi diri dari orang yang sedang sakit harus kamu lakukan juga.

 

Baca Juga :

Penting Loh Melindungi Kulit Kamu Dari Polusi!

4 Produk Untuk Detoksifikasi Kulit Yang Sering Terpapar Polusi

Girls, Waspadai Efek Polusi Udara Pada Penyakit Alergi!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Untuk Meningkatkan Kondisi dan Kesehatan Mental Kamu

Kesehatan memang menjadi prioritas untuk setiap orang. Tentunya