Dalam dunia diet, kalori memang menjadi bahasan yang utama. Pejuang diet pastinya akan disarankan untuk mengurangi kalori dalam kesehariannya. Ini karena berat badan bisa bertambah jika kamu konsumsi kalori yang lebih banyak dibandingkan yang dibakar oleh tubuh.

Sebelum membahas lebih panjang tentang kalori, ada baiknya jika kamu tahu lebih dulu tentang kalori. Kalori sendiri merupakan takaran energi yang ada di makanan. Kunci untuk mendapatkan berat badan sehat yakni dengan tahu seberapa kandungan kalori pada makanan yang kamu konsumsi sehingga dapat disesuaikan lagi dengan jumlah energi dibakar tubuh. Simak ulasan berikut ini.

Bahan bakar tubuh

Perlu diketahui jika tubuh butuh energi yang berasal dari kalori di makanan sehingga bisa beraktivitas. Rata-rata wanita biasanya butuh sekitar 1.600 sampai 2.400 kkal per harinya dan untuk pria adalah sekitar 2.000 sampai 3.000 kkal setiap harinya. Tapi tentu jumlah kalori tiap hari ini tidak bisa disamaratakan untuk semua orang karena dibedakan juga dari tinggi dan berat badan, aktivitas, dan lain sebagainya.

Banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi dari segi jumlah kalori yang dibakar tubuh ketika melakukan aktivitas fisik misalnya saja usia dan jenis aktivitasnya. Contoh saja bersepeda bisa membakar kalori lebih banyak jika dibanding dengan jalan santai. Apabila tidak dipakai untuk bahan bakar, maka kalori lebih itu akan disimpan menjadi lemak di tubuh.

Menghitung kalori

Protein, lemak dan karbohidrat adalah nutrisi yang punya kandungan kalori dimana berperan untuk bahan bakar tubuh. Setiap gram lemak setidaknya punya kandungan 9 kalori, sedang untuk protein dan karbohidrat kandungannya adalah 4 kalori. Jika kamu ingin lebih mudah melihat hitungan kalori, maka biasanya tersedia di makanan kemasan yang sudah ada label nutrisinya. Nah, data tersebut memungkinkan kamu untuk menghitung agar tidak konsumsi kalori dengan berlebihan.

Mengurangi kalori berlebihan

Ketika kamu konsumsi makanan dengan kandungan kalori berlebihan tanpa adanya aktivitas yang berimbang, maka jangan heran jika berat badan kamu akhirnya naik. Pola makan kamu harus mulai diubah. Selain itu olahraga pun juga jadi solusi dalam masalah berat badan ini. pada akhirnya, berat badan kamu merupakan hasil menyeimbangkan jumlah kalori. Apabila konsumsi kalori lebih banyak dibanding yang kamu bakar, maka jangan heran jika timbangan terus ke kanan.

Kesimpulan

Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan jika melakukan identifikasi pada daftar makanan yang kamiu akan konsumsi dalam satu hari akan bisa memudahkan kamu dalam menentukan makanan apa yang harus diasup atau justru dihilangkan. Contohnya, setelah dihitung-hitung maka ternyata kamu harus mengurangi konsumsi cemilan dengan kandungan gula yang banyak. Tidak harus dihilangkan, boleh kok menggantinya dengan camilan sehat misal buah dan sayur segar di waktu sela makan besar kamu. Selain itu ada beberapa tips diet yang bisa kamu coba:

  • Kurangi porsi makanmu. Jika sulit, pakai saja piring lebih kecil.
  • Gantilah makanan yang berkalori tinggi menjadi lebih rendah.
  • Hindari makanan dengan kalori tinggi tapi nutrisinya rendah.
  • Air putih lebih baik dibanding minuman dengan kandungan gula.
  • Atur pola makan dengan berusaha menghitung kalori dari makananmu.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/berapa-sih-jumlah-kalori-yang-harus-dibakar-agar-berat-badan-turun-yuk-cari-tahu/

http://www.tampilcantik.com/perhatikan-kenaikan-berat-badanmu-inilah-kebutuhan-kalori-saat-hamil/

http://www.tampilcantik.com/mengenal-stevia-si-manis-rendah-kalori-yang-bisa-jadi-pengganti-gula/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Perawatan Kulit Berminyak untuk Dipraktikkan Di Rumah

Kulit berminyak adalah hasil dari produksi sebum yang