Membicarakan masalah berat badan memang menjadi masalah yang sangat penting dan bisa dibilang menjadi masalah yang krusial. Hal ini tak bisa dipungkiri karena masalah berat badan berhubungan langsung pada penampilan, terlebih pada wanita. Tidak heran jika para wanita selalu berusaha keras untuk melakukan diet demi bisa mendapatkan tubuh yang dianggapnya ideal.

Meski demikian, banyak yang merasa jika diet menjadi hal yang amat sangat sulit. Hal ini bisa terlihat dari penurunan berat badan yang seolah sangat sedikit atau bahkan tidak ada penurunan sama sekali. Tak heran jika banyak sekali pejuang diet yang akhirnya menyerah dan mengaku kalah lantaran dietnya tidak berhasil. Padahal, ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab mengapa diet yang kamu lakukan tidak menunjukkan hasil. Berikut ini sebabnya.

1. Kurangnya niat dan komitmen

Seperti halnya menjalani sebuah hubungan, diet juga butuh niat dan komitmen yang tepat. Hal ini lantaran ketika kamu memutuskan melakukan diet, maka kamu juga harus melakukan seluruh saran dan menghindari pantangan yang ada dalam kurun waktu tak sebentar. Tidak heran jika hal ini menjadikan kamu membutuhkan niat dan juga komitmen yang kuat sehingga tidak gagal di tengah jalan.

2. Tidak memiliki rencana

Diet tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Diet harus penuh dengan perencanaan yang matang dimana kamu harus punya target realistis dan langkah untuk mencapainya. Banyak sekali orang yang ingin diet tapi bahkan bingung ingin turun berapa kilo. Selain itu banyak juga yang memiliki target tidak realistis misalnya turun 10 kg dalam waktu 10 hari atau target lainnya. Ini salah besar karena jika target tidak terpenuhi maka semangat diet akan turun juga.

3. Tidak cukup kenali diri sendiri

Metode diet seiring dengan waktu memang kian banyak saja. Tidak heran jika pejuang diet pun kadang bingung ingin menggunakan metode mana dan seperti apa. Sebetulnya tidak usah menggunakan banyak metode aneh untuk turunkan berat badanmu. Kamu cukup mengenali dirimu sendiri dan juga kebiasaan makanmu. Cermati jika kebiasaan itu dilakukan berlebihan maka kamu harus bisa memilih mana yang harus dibatasi. Alasannya adalah karena kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda.

4. Diet terlalu ketat

Saat awal-awal diet, tentu kamu masih serius melakukan dietnya dengan makan dalam porsi sedikit. Namun, hal ini berubah ketika mulai hari keempat, kelima dan seterusnya dimana kamu sudah mulai kelaparan dan melakukan cheating makan. Belum lagi ketika sudah masuk seminggu diet dimana justru menjadi alasan untuk balas dendam atas rasa ingin makan yang belum tuntas saat kemarin. Untuk itu, pastikan diet dengan normal sesuai kebutuhan.

5. Kurangnya aktivitas fisik

Diet tanpa olahraga diibaratkan seperti sayur tanpa garam, tidak sempurna. Untuk itu, olahraga menjadi aktivitas yang sangat dibutuhkan untuk menjadikan penurunan berat badan lebih cepat. Aktivitas fisik pun tak melulu harus dilakukan di gym. Kamu bisa menyesuaikan olahraga yang dilakukan sesuai kebutuhan. Yang terpenting jangan sampai kamu kurang bergerak saat diet.

Baca Juga Jangan Asal Ikut Diet! Karena Kamu Harus Tahu Efek Samping Apa yang Akan Terjadi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Awas Gagal! Kesalahan Yang Tak Banyak Diketahui Saat Menjalankan Diet Keto

Melakukan diet tentu sudah menjadi hal yang biasa