Semakin modernnya zaman, semakin banyak juga variasi makanan yang tersedia saat ini. Dengan banyaknya makanan lezat yang tersedia saat ini, tentu nafsu makan pun akan kian meningkat. Sebetulnya makan menjadi aktivitas yang sangat normal dilakukan oleh manusia karena memang fungsinya adalah demi bertahan hidup. Namun, jangan sampai pilihan makanan yang kamu santap jadi sumber penyakit di masa depan.

Salah satu penyakit yang amat mengancam wanita yakni penyakit kista. Kista sendiri pada dasarnya memang ada di tubuh semua wanita. Meski demikian, ada kista yang dapat hilang dengan sendirinya dan ada pula kista yang berkembang sampai timbulkan masalah di sistem reproduksi. Ya, kista bisa jadi penyebab masalah dan gangguan pada bagian ovarium. Kista ovaroum ini bisa menjadi salah satu sebab sulitnya atau bahkan tidak bisa hamil pada wanita.

Beberapa tanda yang bisa jadi harus diwaspadai jika kemungkinan ada kista berbahaya misalnya darah haid yang keluar lebih banyak dari biasanya. Selain itu jika siklus haid tidak teratur pun juga bisa jadi penyebab kista. Nyeri di tulang panggul, nyeri ketika berhubungan seksual sampai susah buang air besar dan juga kecil pun bisa jadi tanda kista. Ada beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab kista ini. Berikut ini beberapa makanan yang dimaksud.

1. Junk food

Makanan cepat saji atau biasa disebut dengan junk food menjadi makanan pertama yang bisa menjadi penyebab kista. Selain bisa menjadi penyebab kista ovarium, makanan cepat saji juga sudah dikenal karena bisa sebabkan obesitas. Menghindari makanan ini pun akan bisa menjadikan kamu terhindar dari beberapa penyakit berat mulai dari jantung, stroke, hipertensi hingga diabetes.

2. Buah durian

Salah satu buah yang banyak difavoritkan di Indonesia ini memang lezat. Menyantap buah durian sebetulnya tidak mengapa. Meski demikian, ada baiknya untuk membatasi konsumsi buah berduri ini. Para peneliti ternyata meyakini jika ada kandungan di dalam buah durian yang bisa rangsang tumbuhnya kista ovarium. Selain durian, buah lainnya yang harus dibatasi misalnya duku, nangka dan juga nanas.

3. Makanan goreng dan bakar

Makanan yang diproses dengan cara digoreng dan juga dibakar pun bisa menyebabkan penyakit kista ovarium jika dikonsumsi secara berlebihan. Perlu diketahui jika minyak dan juga asap yang menempel di makanan tersebut jadi sebab utamanya. Untuk itu, ada baiknya jika kamu membatasi benar makanan yang diproses dengan goreng dan bakar. Perbanyak konsumsi makanan yang direbus dimana menjadi proses makanan terbaik.

4. Makanan dalam plastik

Tentu kamu sudah tahu jika di dalam pastik ada kandungan bahan kimia berbahaya. Salah satu kandungan yang berbahaya tersebut ternyata memberikan efek untuk bisa menjadikan timbulnya kista ovarium. Makanan dalam plastik yang umum yakni makanan ringan kemasan, makanan beku dan masih banyak lagi.

5. Minuman bersoda

Kandungan gula yang ada di minuman bersoda sudah terkenal sangat tinggi. Selain bisa menyebabkan obesitas, minuman bersoda juga bisa jadi sebab kista ovarium lho. Jadi, lebih baik hindari untuk minum minuman bersoda.

Baca Juga Sudah Tahu Belum Bahwa Kista dan Miom Itu Berbeda? Semua Perempuan Harus Mengetahui Info Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Yuk! Biasakan Minum Air Putih Sebelum Tidur Agar Kamu Memperoleh Berbagai Manfaat Ini

Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh