Banyak yang mungkin menyatakan bahwa ketika kamu hamil maka kamu harus makan untuk 2 orang sehingga menjadi 2 porsi. Hal ini lantaran sedang ada janin yang kamu kandung di dalam rahim kamu dan membutuhkan asupan makanan sehingga porsinya pun harus ditambah. Apakah kamu juga percaya hal tersebut?

Benarkah saat hamil harus makan untuk 2 orang?

Persepsi terkait pola makan tersebut sesungguhnya tidak tepat lho ladies. Memang pada dasarnya pola makan yang sehat bagi ibu hamil berbeda dengan asupan saat tidak hamil. Meski demikian ini juga bukan berarti bahwa porsi makanan kamu saat hamil harus berlipat ganda juga sih. Jika kamu menyantap makanan dengan porsi untuk 2 orang, maka kamu beresiko untuk alami kenaikan berat badan yang terlalu banyak. Jika demikian, maka risiko untuk mengalami berbagai penyakit seperti diabetes, sakit punggung dan bahkan tekanan darah tinggi bisa meningkat. Ukuran janin juga bisa lebih besar sehingga risiko untuk melahirkan caesar meningkat juga.

Kalori yang dibutuhkan oleh wanita hamil

Ketika hamil, kamu disarankan untuk konsumsi kalori yang lebih banyak dibanding biasanya. Kamu pun akan merasakan lapar yang lebih dari biasanya. Tapi, ini juga bukan berarti bahwa kamu harus menambahkan jadi 2 porsi juga setiap kali makan. Saran untuk wanita hamil adalah untuk menambah kalori sebanyak 340 kalori tiap harinya dan ini dimulai di trimester kedua. Sedangkan untuk trimester ketiga menjadi lebih banyak yakni 450 kalori. Untuk trimester pertama sendiri kamu tidak perlu menambah asupan kalori lho. Tapi wajib dicatat jika angka ini hanya berlaku pada kamu dengan berat badan normal saja.

Meski demikian, kamu tidak disarankan hanya berpatok di kisaran jumlah kalori tersebut saja lho lalu kamu bisa dengan bebas konsumsi makanan apapun untuk bisa penuhi angka kalori itu. Kamu juga harus perhatikan dari segi jenis asupan kalori tubuh yang juga tak kalah penting diperhatikan. Dalam sehari, disarankan kamu untuk makan ragam jenis makanan tapi yang jelas wajib memilih makanan sehat sehingga tubuhmu dan juga janinmu tetap sehat.

Jenis makanan yang disarankan dikonsumsi wanita hamil

Dari sekian banyak makanan yang ada, mungkin kamu juga bingung sebetulnya makanan apa saja sih yang dibutuhkan dan bagus dikonsumsi oleh wanita hamil. Untuk itu, berikut ini beberapa jenis makanan yang direkomendasikan:

  • Makanan dengan kandungan asam folat. Setidaknya asam folat yang dibutuhkan ketika hamil adalah 600 mg tiap harinya selama kamu hamil. Dengan konsumsi makanan mengandung asam folat, maka ini akan bisa meminimalisir bayi dengan kondisi cacat di tabung sarafnya pada awal kehamilan. Contoh makanan dengan kandungan asam folat misalnya bayam, jeruk, brokoli, stroberi dan lainnya.
  • Makanan berprotein misalnya daging, telur dan ikan akan bisa membantu untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan dari janin di kandungan.
  • Makanan berserat juga penting seperti sayur dan buah agar kamu yang sedang hamil bisa terhindar dari konstipasi.
  • Makanan berkalsium juga akan bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi janinmu sehingga bisa optimal. Kamu bisa mendapatkannya dari susu, tahu, yoghurt hingga keju.
  • Makanan berlemak juga penting untuk disantap sehingga bisa jadi tenaga untukmu dan akan membantu perkembangan dari otak janin. Tapi pilih makanan berlemak baik ya misalnya ikan salmon, alpukat dan minyak zaitun.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/yuk-kendalikan-asma-saat-hamil-dengan-tips-berikut-ini/

http://www.tampilcantik.com/mood-swing-saat-hamil-coba-atasi-dengan-tips-berikut-ini/

http://www.tampilcantik.com/diet-saat-hamil-yuk-kenali-pertambahan-berat-badan-ibu-hamil-yang-normal/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sudah Diet Tapi Berat Badan Tak Turun Juga? Coba Cara Tradisional Yuk!

Berat badan kerap menjadi masalah pelik untuk sebagian