Rambut yang kering memang menjadi masalah yang sering kita alami. Sebelum kamu melanjutkan perawatan rambut yang intens, cobalah pengobatan rumah sederhana untuk rambut kering terlebih dulu. Karena ada banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghidupkan kembali rambut yang kusam dan rusak, sekaligus merangsang pertumbuhan rambut.

Poros rambut kamu terbuat dari tiga lapisan. Lapisan luar melindungi lapisan dalam. Dan apabila lapisan luarnya rusak, maka lapisan dalam  akan terbelah, dan menyebabkan ujung rambut kasar dan bercabang.

Rambut kamu bergantung pada minyak alami yang diproduksi di kulit kepala sebagai pelembab. Sedangkan menggunakan alat styling rambut dan produk kimia dapat menyumbat kelenjar sebaceous pada kulit kepala kamu, sehingga mencegah kelembaban  mencapai ujung rambut yang membuat rambut kering. Tidak hanya itu saja, paparan sinar matahari, berenang di air terklorinasi, masalah keturunan, dehidrasi dan pengobatan adalah beberapa faktor yang mencegah kelembaban esensial mencapai ujung rambut. Karena itu, yang harus kamu lakukan hanyalah menggunakan ramuan alami untuk mengatasi rambut kusam kamu dan memberikan kamu rambut yang cantik.Dan inilah beberapa bahan alami  yang akan mengembalikan keindahan rambut kamu, antara lain :

  1. Mayones

Related image

Mayones memiliki basis minyak dan mengandung cukup banyak protein dan cuka alami yang membantu memulihkan keseimbangan pH alami rambut. Caranya, ambil 1 sendok makan mayones organik dalam mangkuk. Lalu campurkan  sampai mendapatkan konsistensi yang diinginkan. Setelah itu, aplikasikan pada rambut dan kulit kepala kamu. Biarkan selama 20 menit dan kemudian bersihkan dengan shampo yang biasa kamu gunakan.

  1. Minyak zaitun

Related image

Antioksidan yang ada dalam minyak zaitun dapat meningkatkan kerapatan rambut dan membuat batang rambut lebih kuat. Caranya, hangatkan 2 sendok makan minyak zaitun dalam panci. Lalu, pijat minyak ke kulit kepala dan rambut kamu. Setelah itu, bungkus kepala dengan handuk panas selama 30 menit. Lalu, kamu bisa membilasnya dengan air dan shampo yang biasa kamu gunakan.

  1. Minyak wijen

Image result for minyak wijen

Minyak wijen dikemas dengan vitamin dan mineral penting yang merangsang aliran darah, sekaligus menambahkan kelembaban pada rambut kasar. Caranya, campur 1 sendok makan minyak wijen, setengah sendok teh jus lemon dan jus bawang. Lalu, olleskan larutan ke kulit kepala dan rambut kamu. Biarkan istirahat selama 20 menit dan kemudian bilas bersih dengan sampo ringan.

  1. Cuka

Image result for cuka

Asam alami yang ada dalam cuka dapat memperbaiki kutikula yang rusak, menghilangkan residu berlebih dari kulit kepala tanpa membuatnya kering dan juga mengembalikan keseimbangan kelembaban alami dari rambut Caranya campur 1 cangkir cuka dengan 3/4 gelas air. Lalu, bilas rambut kamu dengan larutan ini setelah keramas dan kondisioner. Kamu juga bisa sambil memijatnya  selama beberapa menit dan kemudian bilas rambut kamu dengan air biasa.

  1. Alpukat

Related image

Alpukat memiliki jumlah vitamin A, D, E dan K yang cukup banyak, yang sangat dibutuhkan rambut kamu untuk bangkit kembali. Caranya, hancurkan satu alpukat matang menjadi pasta halus dan tambahkan satu sendok teh minyak zaitun ke dalam campuran tersebut. Setelah itu, oleskan masker pada  rambut dan kulit kepala kamu, danbiarkan selama 30 menit.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Lebih Dalam Tentang Hydroquinon

Sebagai wanita, tentunya kamu berharap untuk bisa mendapatkan