Aku tinggal di Jakarta, dan kuliah di daerah Tangerang Selatan. Yang kalau siang hari panas matahari terik minta ampun. Kena matahari 5 menit aja kulit udah belang-belang kaya apaan tau:( kebayang gak tuh gimana jadinya kulit kalau gak dipakein pelindung apa-apa. Mutlak gosong sih pastinya.

Nah sebelum aku mendalami dunia per-skin care-an biasanya aku hanya pakai sunblock kalau mau ke pantai. Padahal ya kalau dipikir-pikir kan matahari dimana-mana sama aja. Sama-sama mengeluarkan sinar uv a dan uv b. Jadilah kulit yang terekspos sinar matahari warnanya lebih gelap daripada kulit yang terlindung oleh pakaian.

Pentingnya memakai sunblock itu juga bukan hanya untuk menjaga kulit tetap putih loh. Sunblock juga melindungi kulit dari iritasi karna terbakar sinar matahari dan menjaga kulit agar tidak cepat keriput. Jadi, kalau kita ingin tetap awet muda caranya bukan hanya menggunakan skincare yang ada zat-zat anti agingnya aja, penggunaan sunscreen juga hukumnya wajib untuk menghindari penuaan kulit.

Hari ini aku akan ngereview salah satu sunscreen dari Skinfood, yaitu Tomato Sun Cream SPF 36 PA ++. Aku sangat suka dengan tomato series dari skinfood ini, terutama daily moisturizer dan tonernya. Saat aku memakai ini kulitku tipenya berminyak. Tapi moisturizer dari tomato series ini terasa sangat light weight dan tidak membuat kulit berminyak. Dan karna itulah aku memilih tomato sun cream, karna aku butuh sunscreen yang melindungi kulitku dari sinar matahari tetapi tetap terasa ringan di kulit wajah.

Packaging

Packaging dari sunscreen dari skinfood ini berbentuk tube yang tutupnya bisa dibuka dengan cara diputar. Produknya bisa keluar melalui lubang kecil di ujung tubenya. Maka untuk mengeluarkannya kita harus menekan tubenya terlebih dahulu. Menurut ku packaging seperti ini lumayan memudahkan kita untuk mengontrol keluarnya produk, sehingga tidak ada yang terbuang sia-sia.

Di produknya terdapat nama produk, cara penggunaan dan ingredientsnya. Tapi sayang untuk ingredientsnya tidak tertulis dalam bahasa inggris sehingga aku harus browsing di internet dulu tentang ingredients sunscreen ini.

Produk ini berat produknya 50 gram, cukup banyak menurutku karna harganya sangat terjangkau. Hanya 115 ribu di online shop. Tapi jangan beli di di mall, karna kalau di offline store harganya lebih dari 200 ribu. Jauh banget kan ya:(

Texture

Tekstur dari sunscreen ini sama dengan sunscreen-sunscreen yang ada di drugstore. Milky-cream gituu, agak kental berwarna putih gading. Dan kalau di baurkan akan berwarna sangat putih sampai di blend sampai rata ke kulit.

Sunscreen ini wanginya seperti bedak menurutku, ada wangi bunga-bungaannya juga. Tapi sama sekali gak berbau seperti tomat. Wanginya akan tercium saat kita tuang ke tangan, tapi setelah terbaur dengan rata di kulit, wanginya gak akan tercium lagi.

Karna teksturnya agak kental, produk ini agak susah untuk di blend. Pastiin wajah kalian benar-benar kering saat memakai sunscreen ini, karna kalau ketemu air membaurkannya akan menjadi mission impossible😂 susah banget!

Tapi aku punya saran untuk ngeblend sunscreen ini, apply ke muka dengan cara di tap tap, tapi agak cepat. Sambil tap tap ke muka sambil juga di baurkan. Jadi tangannya harus gerak cepat. Bukan tap tap produk seperti kita habis memakai moisturizer.

Aku gak menyarankan menggosok keras-keras sampai produknya meresap ke muka. Karna sebenarnya ini adalah physical sunscreen, jadi sunscreen ini akan bekerja lebih baik kalau ia ada sebagai layer kedua kulit. Bukan jika ia berada di dalam kulit. Bingung gak? Hehe. Kalo bingung tanya aja yaahh, atau nonton video youtube how to apply sunscreen. Banyak kok expert-expert yang ngasih tauin cara yang benar memakai sunscreen.

Impression

Karena sunscreen ini termasuk physical sunscreen, ia meninggalkan whitecast yang cukup terlihat. Tapi karna aku hanya memakai ini saat di outdoor dan belum pernah berfoto dengan flash menggunakan sunscreen ini. Hasil whitecastnya justru membuat kulitku terlihat lebih glowy dan cerah di beberapa menit pertama. Setelah memakai sunscreen ini skintone ku naik satu tingkat, dan wajah selalu terlihat fresh dan sehat.

Tapi aku juga kurang suka dengan hasilnya yang sangat dewy, walaupun kadang aku suka dengan dewy finish dan glowy look. Tapi, dewy finish dari sunscreen ini hanya bertahan beberapa menit pertama. Selanjutnya berubah menjadi greasy finish:( apalagi untuk ku yang tinggal di daerah dengan tingkat kelembaban tinggi.

Dan untuk kemampuannya oil controlnya menurutku sunscreen ini kurang banget. Tapi, untungnya tidak benar-benar membuat wajah menjadi talang minyak. Biasanya aku hanya memakai primer dan bedak innisfree no sebum powder. Di sore hari make up ku masih terlihat baik jika dilihat dari jauh tapi kalau dari dekat di beberapa spot pasti terlihat makeupnya sudah bergeser kesana kemari.

Dan lagi jika memakai foundation atau bb cream diatasnya, foundation atau bb cream ku akan oxidize lebih cepat dari biasanya. Jadi, biasanya aku hanya memakai ini kalau tidak ingin bermakeup berat. Dan rasanya, akan susah untuk apply sunscreen ini setiap 2 jam sekali. Karna satu layer saja sudah membuat foundie dan bb cream oxydize:(

Karna teksturnya yang kurang nyaman di kulit, aku jarang re-apply sunscreen ini, jadilah perlindungan akan sinar mataharinya tidak efektif. Kulitku tetap menggelap dan tetap ada yang belang di beberapa spot:( aku gak bisa bilang sunscreen ini gak bagus karna emang salah akunya yang gak re-apply sunscreen. Tapi aku juga gak bisa bilang sunscreen ini bagus, karna aku sendiri gak ngerasain perlindungan sinar matahari yang efektif dari sunscreen ini:(

Overall, aku kurang suka sama sunscreen ini. Tapi aku tetap recommend sunscreen ini untuk kalian yang kulitnya kering atau normal. Tapi nggak sama sekali untuk yang punya kulit kombinasi atau berminyak. Karna akan terasa tebal banget makeupnya kalau kita pakai sunscreen ini dibawahnya.

Dan untuk kalian yang kulitnya berminyak tapi tetap penasaran ingin beli, silahkan cari di online shop. Karna harganya masih normal untuk ukuran sunscreen, jadi kalau gak suka kalian juga gak rugi-rugi amat😂 tapi kalau beli di offline store mah mending gak usah deh, daripada menyesal nantinya.

Product price: IDR 115.000

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Tampil Cantik
Average rating:  
 0 reviews
Packaging rating
Product rating
Price rating
Summary
Repurchase? No

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

REVIEW: Axis-y Cera-Heart My Type Duo Cream

Beberapa waktu yang lalu, aku mendapatkan kesempatan untuk