Beberapa orang kerapkali mengeluhkan nyeri pada perutnya ketika sedang stres atau cemas. Banyak yang berpikir jika tidak ada hubungannya stres dengan sakit perut, tapi nyatanya sudah banyak yang merasakan demikian. Ternyata sakit perut ketika ada masalah dengan psikologis ini muncul karena disebabkan dengan sindrom iritasi usus. Tak heran jika kamu sering merasakan ketidaknyamanan dan sakit di area perut.

Berdasar penelitian, 60% pasien dari sindrom iritasi usus ini ternyata juga mengalami gangguan pada sisi psikologisnya lho ladies. Memang sampai saat ini penyebabnya masih belum diketahui secara pasyi, tapi penderita sindrom memang punya usus besar dengan sensitivitas tinggi pada makanan tertentu dan stres yang dirasakannya. Inilah mengapa penderitanya akhirnya merasakan sakit perut ketika stres dan cemas.

Belajar dalam mengelola stres

Ketika sindrom iritasi usus ini kambuh, maka penderita akan bisa merasakan keluhan mulai dari diare, perut kembung dan juga sembelit. Jika kamu juga punya keluhan yang sama, maka kamu pun harus berusaha untuk mengelola stres dengan baik. Bukan hanya bisa berdampak ke masalah iritasi usus ini saja, tapi ketika stres dirasakan terlalu lama dan didiamkan maka akan bisa menjadikan masalah kejiwaan hingga masalah fisik lain juga.

Pastikan untuk tidak menggunakan cara negatif dalam melepas segala rasa stres yang kamu rasakan. Jika memang ada beberapa kondisi dan hal yang menyebabkan kamu stres atau tertekan, maka ada baiknya kamu meluapkannya dengan beberapa tips ini:

  • Bicaralah atau curhat dengan orang yang kamu percayai, bisa keluarga, saudara atau teman.
  • Luangkan waktu untuk lakukan hobi dan hal yang kamu suka.
  • Lakukan relaksasi misalnya meditasi dan yoga, hingga teknik bernapas.
  • Liburlah sejenak dari segala aktivitas yang kamu lakukan untuk bisa lepaskan kepenatan dari segala tuntutan aktivitas harian.

Kapan harus meminta bantuan pada ahli kejiwaan?

Di Indonesia sendiri meminta bantuan pada psikolog dan ahli kejiwaan dianggap sebagai suatu aib dan memalukan. Tidak jarang seseorang datang ke ahli kejiwaan ketika memang sudah sangat parah kondisinya sehingga penyembuhannya pun butuh waktu lama. Padahal peran ahli kejiwaan di beberapa kasus stres sangat penting untuk bisa mengatasinya lho.

Usai kamu tahu jika sakit perut tersebut muncul terus karena memang kondisi stres yang kamu rasakan, maka selanjutnya yang wajib dilakukan adalah dengan datang ke dokter. Nantinya kamu akan diberikan pengobatan misalnya suplemen serat, antidepresan atau obat untuk ringankan keluhan sakit perut. Selain itu, dokter juga umumnya akan memberikan bantuan melalui psikoterapi sehingga bisa membantu pasien dalam mengatasi keluhan masalah psikologisnya.

Jika memang tidak kunjung mereda juga, maka kamu bisa coba untuk cari tahu apa yang menjadikan kamu khawatir, tertekan dan terbebani dari segi pikiran. Jika sebab musababnya bisa kamu temukan, maka kamu juga akan bisa lebih mudah menyembuhkan sakit perut yang kamu rasakan. Kamu juga bisa minta bantuan pada psikolog dan psikiater sehingga bisa dibantu dalam memecahkan masalah serta meredakan tekanan batinmu.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/ternyata-stres-bisa-berakibat-buruk-pada-kondisi-kulit-lho-yuk-cari-tahu/

http://www.tampilcantik.com/stres-di-dunia-kerja-ternyata-bisa-berdampak-buruk-lho-yuk-cari-tahu/

http://www.tampilcantik.com/hilangkan-stres-dengan-aktivitas-sederhana-berikut-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Olahraga yang Efektif Untuk Mengurangi Lemak Samping

Bagi kamu yang sedang berusaha untuk mengurangi berat