Rambut beruban memang tidak menyenangkan. Lebih tidak menyenangkan lagi untuk styling gray hair. Merawat hingga menata rambut berwarna abu-abu ini memang tidak mudah. Bila tak bisa dikatakan penuh tantangan. Salah penataan sedikit, bisa-bisa kamu tampak jauh lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Padahal faktanya sih, gray hair muncul bukan hanya karena faktor usia atau karena penuaan dini. Banyak juga rambut sudah mulai beruban karena faktor genetik. Nah bila kamu salah satunya yang harus rela berhadapan dengan masalah styling gray hair ini, di bawah ini terdapat beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan hasil penataan yang diinginkan.

1. Shampoo khusus

Styling Gray Hair

Saat ini sudah ada shampoo khusus yang bisa digunakan oleh para pemilik gray hair ini. Shampoo khusus tersebut memang tak akan bisa mengubah warna rambut memutih karena usia, namun bisa mencegah pertumbuha rambut beruban yang bermasalah pada hormon atau genetik.

Shampoo ini bekerja dengan menekan pigmen warna kuning pada rambut dan mempertahankan melanin di rambut untuk warna yang lebih gelap. Sudah mulai banyak kok tersedia di berbagai toko obat atau website khusus.

2. Terpikir warnai rambut? Lakukan highlight

Usahakan untuk tidak mewarnai rambut dalam satu warna, bila tujuannya untuk menutupi gray hair. Proses styling gray hair satu ini lebih baik dilakukan dengan memberikan highlight pada rambut, sehingga ketika misalnya gray hair akan tetap muncul di balik rambut yang diwarnai, bisa disamarkan sebagai aksen dari highlight itu sendiri.

Pilihan warna untuk highlight pun usahakan warna yang terang dan mendekati warna gray hair. Sehingga peroses “kamuflase” itu sendiri nantinya tak akan terlalu sulit.

3. Beri perhatian khusus pada akar rambut

Untuk rambut dengan warna putih hingga abu-abu, bagian pertama yang berubah warna adalah akar rambut. Ini, bila gray hair terjadi karena alasan penuaan. Sedangkan gray hair yang terjadi karena hormon atau rambut yang rusak justru biasanya berubah warna dari pertengahan batang rambut hingga ke ujung.

Bagaimana pun ketika melihat tanda-tanda munculnya gray hair, perhatikan benar bagian akar rambut dan usahakan memiliki warna yang gelap. Di sini, kamu juga wajib menjaga kesehatan kulit kepala.

4. Clean cut

Trik lain untuk menata rambut beruban dengan cara yang praktis dan mudah, menjaga potogan rambut tetap rapi. Model potongan rambut clean cut dianggap paling cocok untuk tipe rambut dengan warna abu-abu ini.

Sebaiknya pula rambut tak lebih panjang dari bahu, untuk memudahkan perawatan. Serta tak memiliki banyak potongan layer. Bila ingin, bisa memotong rambut dengan model blunt bob yang cantik dan akan memberi kesan dewasa sekaligus segar, dengan rambut berwarna abu-abu tersebut.

Baca juga Langkah demi Langkah Mengatasai Rambut yang Menipis. Selamat Datang Rambut Tebal!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cara Mendapatkan Classic Blue Hair yang Sempurna

Inilah sebuah panduan lengkap untuk kamu yang ingin