Baru saja kemarin kamu merayakan penurunan berat badan, kini kamu sudah kembali sedih karena berat badanmu terasa bertambah kembali. Sebetulnya apa yang terjadi pada tubuhmu? Mungkin itulah yang kerap menjadikanmu penasaran dan bingung juga. Sebetulnya asalkan kamu masih merasa nyaman dengan tubuhmu, hal ini tidak mengapa.

Tenang dulu, jangan berlarut dalam kesedihan. Hal ini lantaran normal sekali jika berat badan naik sekitar sekilo atau dua kilo. Bisa jadi berat badan yang baru saja bertambah itu kemudian bergeser ke kiri kembali ketika kamu menimbang di lain waktu. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab berat badan bisa naik tanpa kamu sadari.

1. Kandungan air di dalam tubuh

Sebagian besar tubuh manusia mengandung air. Dengan demikian maka perubahan kandungan air yang ada di dalam tubuh dapat menjadi sebab fluktuasi di timbangan badanmu. Ketika tubuh kurang cairan, maka berat badan akan otomatis bisa berkurang dalam beberapa ratus gram. Namun jika kamu menambah konsumsi air, maka berat badan pun akan bisa bertambah juga. Jadi, jika kamu baru saja minum air lalu timbangan naik, maka jangan heran ya.

2. PMS dan haid

Masa PMS dan haid menjadi masa yang sulit untuk wanita mengingat momen ini kerapkali terasa menyakitkan. Produksi hormon estradiol dan progesteron terjadi secara berlebihan ketika PMS atau menstruasi sehingga bisa jadi sebab celana menjadi mungkin terasa sempit. Dengan hormon yang tidak seimbang dan juga perubahan metabolisme tubuh maka menjadikan nafsu makan pun bisa bertambah. Hal ini lantaran otak yang menerima perubahan menjadi kekurangan glukosa sehingga kalori yang dikonsumsi pun jadi lebih banyak dari sebelumnya.

3. Buang air besar

Buang air secara teratur adalah pertanda bahwa kamu memiliki tubuh yang sehat. Aktivitas ini pastilah mempengaruhi angka timbangan berat badanmu. Jika kamu baru saja buang air besar, maka berat badan akan bisa berkurang dalam jumlah beberapa ratus gram. Namun sebaliknya, jika kamu sembelit maka berat badan juga akan bisa bertambah otomatis karena pembuangan tidak lancar.

4. Menimbang dengan jangka waktu berbeda

Ketika kamu menimbang tubuh tanpa pakaian di pagi hari dan menimbang dengan pakaian normal di malam hari, maka hasil keduanya pastilah berbeda. Itulah mengapa waktu menimbang juga menjadi faktor penting yang bisa jadikan berat badanmu berubah-ubah. Untuk bisa memastikan tingkat akurasi timbangan berat badanmu, maka ada baiknya kamu menimbang saat pagi hari dengan busana dalaman saja. Hal ini lantaran tubuh belum kemasukan cairan atau makanan apapun sehingga saat itulah timbangan nyata tubuh kamu.

5. Makan makanan dengan label sehat

Banyak sekali makanan dengan embel-embel berupa low sodium, low fat, low sugar dan masih banyak lagi yang lainnya. Apabila kamu suka konsumsi makanan tersebut, ada baiknya untuk berhati-hati karena banyak juga bahan lain yang dikurangi tapi ditambahkan pula dengan bahan lainnya yang kurang sehat. Untuk itu lebih baik makan segala makanan yang alami dibanding makanan kemasan.

Baca Juga Awas, Kenaikan Berat Badan yang Kamu Alami Adalah Tanda Masalah Kesehatan Kalau Kaya Gini!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Fakta-Fakta Seputar Miss V yang Wajib Diketahui Para Wanita

Mengulas masalah organ intim wanita memang seolah tak