Ternyata Makanan Ini Yang Menyebabkan Sembelit Kala Puasa

Bulan Ramadhan tentu menjadi bulan yang amat istimewa untuk seluruh umat muslim yang ada di dunia. Untuk menghadapi bulan Ramadhan sendiri kamu membutuhkan stamina yang kuat serta mental yang siap karena ada ibadah istimewa yakni puasa selama sebulan penuh. Namun, mengingat jadwal makan dan juga asupan yang berubah kemudian menjadikan banyak orang yang berpuasa kemudian mengalami sembelit.

Selain itu, makanan tertentu pun bisa menjadikan sembelit lho. Apalagi sudah ada penelitian yang menyatakan jika sembelit lebih rentan terjadi ketika kamu puasa karena kurang serat dan cairan. Nah, selama kamu puasa pastikan perhatikan apa saja makanan yang kamu santap lho ya. Berikut ini beberapa makanan yang bisa sebabkan sembelit.

 

Daging merah

Kandungan protein dan juga lemak yang ada di daging merah memang cukup banyak. Nutrisi tersebut menjadikannya lebih lama dan sulit untuk dicerna dibanding dengan karbohidrat. Inilah yang menjadi alasan mengapa konsumsi banyak daging merah kala puasa bisa timbulkan risiko untuk sembelit.

 

Susu dan juga produk olahan dari susu

Konsumsi susu yang terlalu banyak, disertai dengan produk olahan dari susu misalnya keju, es krim hingga yoghurt pun bisa menjadikan risiko sembelit makin tinggi. Ini berkaitan dengan kandungan protein dan juga laktosa yang ada di susu.

 

Makanan olahan

Selanjutnya ada makanan olahan yang menjadi makanan penyebab sembelit kala berpuasa. Beberapa makanan olahan yang biasa disantap mulai dari sosis, dendeng, sarden kalengan hingga kornet memang praktis, tapi kandungan lemak dan garamnya tinggi banget lho. Inilah yang menjadikan tubuh pun harus kerja keras untuk bisa mencerna makanan tersebut sehingga sebabkan sembelit pun datang.

 

Makanan yang tinggi gula

Konsumsi makanan tinggi gula terlalu banyak misalnta kolak, sop buah hingga kue-kue bukan hanya bisa jadikan kamu gemuk, tapi juga bisa jadi penyebab sembelit. Jika kamu ingin konsumsi makanan manis, maka lebih baik makan buah misalnya kurma dan buah lainnya. Dengan asupan buah, maka kamu lebih banyak mengasup serat yang bagus untuk pencernaan.

 

Gorengan

Makanan berupa goreng-gorengan memang menjadi juara banget deh kalau sedang puasa. Dengan rasanya yang gurih menjadikan ingin makan lagi dan lagi saat berbuka. Hmm, tapi makanan gorengan ini mengandung tinggi lemak sehingga untuk mencernanya pun akan sulit. Untuk itu, konsumsi gorengan juga harus dibatasi sekali agar kamu tidak kesulitan BAB saat puasa ya.

 

Telur

Goreng telur tentu menjadi menu mudah untuk buka dan sahur. Namun, protein yang tinggi dan tidak adanya serat menjadikan telur sulit juga dicerna. Ada baiknya kamu tambahkan makan sayur juga jika dibarengi dengan telur.

 

Makanan cepat saji

Kentang goreng, pizza dan burger memang enak dan menggiurkan. Tapi makanan tersebut selain tidak sehat juga termasuk makanan yang bisa sebabkan kamu sembelit lho. Kandungan seratnya rendah, tapi kandungan lemak dan garamnya tinggi. Wah, sama sekali nggak sehat deh.

Untuk menghindari sembelit, ada baiknya jika kamu menambahkan konsumsi serat dan juga air putih kala buka dan sahur. Yuk tetap sehat selama puasa.

Baca Juga

^  REVIEW: Purivera Botanicals Rosehip Oil

^  Kalau Pacarmu Terlalu Lekat, Kamu Harus Apa Biar Hubungan Kalian Tetap Asyik?

^   Gak Mau Dong Sepatu Kesayangan Kamu Cepat Rusak? Pakai Tips Simpel Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Gigi kamu kuning? Inilah hal-hal yang wajib kamu ketahui

Gigi menjadi bagian tubuh yang sangat penting karena