Berbagai macam pilihan makanan saat ini memang menggoda. Bahkan kini kamu bisa memilih makanan dari luar negeri sekalipun di berbagai restoran yang sudah tersedia dan terdekat di kotamu. Tentu ini juga menjadi godaan banget bagi kamu yang sedang dalam kondisi diet. Terlebih jika menyebut makanan junk food dimana identik dengan gurih dan enaknya. Wah, bisa gagal diet nih.

 

Nah, jika kamu berencana untuk makan di luar atau mungkin ada acara makan di luar, maka kamu bisa kok memilih restoran Jepang sebagai tujuannya. Mengapa? Karena banyak sekali menu makanan di restoran Jepang yang bisa mendukung dietmu. Berikut ini beberapa menu makanan yang bisa kamu pilih.

 

Bayam ohitashi

Makanan yang satu ini dibuat dengan sayur bayam, ya sesuai dengan namanya. Bayam yang dipakai adalah bayam beku atau bayam segar dan kemudian disajikan dengan biji wijen dan serpihan bonito, saus salad, saus wijen atau bahkan tanpa saus sama sekali. Salad bayam yang satu ini memang pucat, tapi bisa disantap menjadi lauk yang ditambah ke campuran salad atau bisa juga jadi campuran ke onigiri. Menu bayam ohitashi adalah sumber vitamin A, vitamin K dan juga asam folat dimana penting sekali untuk kesehatan kulit, tulang dan sumber energi.

 

Natto

Jika kamu penyuka anime atau drama Jepang, maka pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan dengan nama natto ini. Natto sendiri merupakan kacang kedelai fermentasi dimana memiliki tekstur yang lengket dan disajikan dengan irisan bawang hijau, minyak wijen dan mustard karashi. Meski baunya menyengat dan bentuknya tidak begitu menggiurkan, tapi banyak efek positif yang diberikannya untuk kesehatan lho. Ini karena natto bebas dari kolesterol, kaya dengan vitamin B, vitamin K dan E. Ditambah lagi adanya kandungan kalium, kalsium, magnesium, zat besi, protein dan lainnya. Wah, jadi pingin nyobain ya.

 

Sashimi

Dibanding dengan sushi, sashimi adalah makanan Jepang yang lebih sehat. Ini karena sashimi bisa jadi sumber asam lemak untuk omega 3 yang pastinya sehat dan kaya kandungan vitamin, selenium, magnesium, fosfor dan lainnya. Tentunya kandungannya juga tergantung dari jenis ikan yang dikonsumsi. Namun, mengingat saat ini banyak juga ikan yang mengandung merkuri maka ada baiknya konsumsi sashimi maksimal dua kali seminggu saja.

 

Acar Jepang

Acar Jepang biasa disebut dengan tsukemono dimana banyak sekali varietasnya bergantung dari jenis sayur yang dibuat. Namun, diantara semua acar Jepang, ada yang bernama nukazuke yang dibuat dari fermentasi sayur mayur dan dedak padi dimana mengandung vitamin B1 amat tinggi. acar yang satu ini pun memberikan manfaat untuk bisa menjaga kesehatan usus dan membantu pencernaan. Biasanya nukazuke diisi dengan timun, kol, terong dan daikon.

 

Tahu dingin

Tahu dingin Jepang merupakan jenis tahu yang dibuat dari susu kedelai dan ditambah beragam topping tertentu. penyajiannya menggunakan saus wijen, kecap, mustard, jahe parut, wasabi dan lain sebagainya. Makanan yang satu ini masuk dalam sumber protein yang rendah kalori sehingga menjadi pilihan tepat untuk santapan musim panas lho.

 

Baca Juga:

Ini Caranya Air Putih Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan, Bukan Diet Air Putih

Girls, Mau Coba Diet? Ketahui Dulu Apa Itu Indeks Masa Tubuh

Mau Diet Sukses? Wajib Tau Waktu Makan Yang Tepat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Konsumsi Air Jeruk Nipis Untuk Diet, Efektifkah?

Jeruk nipis menjadi buah yang sangat dikenal karena