Terong adalah salah satu makanan berbasis tumbuhan yang diolah di banyak tempat di seluruh dunia. Walaupun sering dianggap sebagai sayuran, terong sebenarnya adalah buah, karena tumbuh dari tanaman berbunga dan juga mengandung biji-bijian. Ada banyak macam terong selain terong berwarna ungu yang sering kita kenal, yaitu yang berwarna merah, hijau dan bahkan hitam. Selain itu, terng ternyata bukan hanya lezat, tetapi juga manfaat terong sangat banyak bagi kesehatan.

Di antara manfaat terong yang paling terkenal dan terbukti secara ilmiah adalah berikut ini:

Kaya Nutrisi

Terong adalah makanan kaya nutrisi dengan tinggi kandungan vitamin, mineral, dan serat, dengan hanya sedikit kalori. Terong mengandung karbohidrat, serat, protein, mangan, folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C. Terong juga mengandung zat gizi lain seperti niasin dan magnesium.

Kaya Antioksidan

Selain mengandung vitamin dan mineral, terong juga kaya antioksidan. Antioksidan adalah kandungan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Studi menunjukkan bahwa antioksidan bisa membantu menghalani terjadinya berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Terong terutama kaya antosianin, sebuah pigmen dengan properti antioksidan yang membuat warnanya cerah. Antosianin bernama nasunin ini Dikonfirmasi efektif melindunfi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Karena kandungan antioksidannya, beberapa studi menunjukkan bahwa terong juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Dalam salah satu studi, kelinci yang memiliki kolesterol tinggi diberikan 10 ml jus terong setiap dua minggu. Manfaat terong memberikan level kolesterol LDL dan trigliserid yang menurun, dua penanda yang bisa membuat resiko serangan jantung meningkat jika jumlahnya naik. Studi lain juga mendemonstrasikan bahwa terong juga mungkin memiliki manfaat pelindung bagi jantung.

Bisa Mengendalikan Gula Darah

Menambahkan terong dalam diet bisa membantu menjaga gula darahmu. Ini terutama dikarenakan terong tinggi serat, yang melewati sistem pencernaan secara utuh. Serat bisa membuat gula darah menjadi lebih rendah karena mampu memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam darah. Penyerapan yang lebih lambat menjaga gula darah tetap stabil. Riset lain juga menunjukkan bahwa polifenol dalam tanaman ini membuat salah satu manfaat terong adalah mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin.

Bisa Mengurangi Berat Badan

Manfaat terong yang kaya terang dan rendah kalori membuatnya salah satu menu terbaik untuk program pengurangan berat badan. Serat yang melewati saluran pencernaan dengan lambat bisa membuat kita merasa kenyang dan mengurangi kandungan kalori keseluruhan yang kita konsumsi. Karena itu, biasanya terong digunakan sebagai pengganti bahan tinggi kalori dalam berbagai resep masakan. Mengganti bahan tinggi kalori dengan terong akan bisa membanti dietmu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Alasan Mengapa Kamu Mengalami Nyeri Haid yang Parah

Apakah kamu sering mengalami nyeri haid saat menstruasi?