tidur

Semua orang butuh waktu istirahat atau tidur yang cukup untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat karena jika kebutuhan tidurmu tidak dicukupi maka berbagai penyakit siap menyerang tubuhmu, oleh karena itu masalah kurang tidur jangan pernah diabaikan ladies.

Selain itu masalah kurang tidur juga dapat mengganggu aktifitasmu di siang hari seperti sedang bekerja kamu akan merasakan kantuk atau yang berbahaya adalah saat berkendara, tak sedikit penyebab kecelakaan lalu lintas adalah mengendarai dalam keadaan mengantuk. Tapi tahukah kamu ternyata bukan hanya mengantuk yang menandai kamu kurang tidur loh. Ada beberapa tanda lain yang menunjukan kamu sebenarnya kurang tidur.

Bertambahnya Berat Badan

Beberapa penelitian menemukan bahwa bertambahnya berat badan memiliki hubungan dengan kurang tidur. Dalam penelitian, orang yang kurang tidur cenderung akan mengonsumsi 300 kalori lebih per harinya, hal ini bisa terus bertambah setiap waktunya. Selain itu kurang tidur juga bisa membuat tubuh stres dengan kadar kortisol (hormon stres) yang meningkat dan memberi sinyal tubuh butuh lebih banyak lemak lagi.

Sulit Berkonsentrasi

Kurang tidur sangat berpengaruh terhadap daya tangkap seseorang atau bisa menurunkan kadan konsentrasi serta kemampuan berpikir. Salah satu penelitian membuktikan bahwa otak orang yang kurang tidur akan makin mengecil dan berkurang kepadatannya yang sangat mempengaruhi proses mental.

Emosi Tidak Stabil

Kurang tidur bisa membuat seseorang mudah tersinggung dan emosinya tidak stabil. Oleh karena itu jangan pernah mengabaikan masalah kurang tidur karena dapat menyebabkan masalah yang lebih besar muncul dan beresiko depresi.

Menurunnya Daya Ingat

Kekurangan tidur bisa mempengaruhi kemampuan mengingat atau daya ingat. Kalau kita jadi makin sering lupa soal hal-hal kecil, misal lupa menaruh kunci, coba cek lagi apakah kamu sudah mendapat tidur yang cukup beberapa waktu terakhir ini. Penelitian membuktikan bahwa gelombang REM yang diperoleh seseorang ketika mendapat waktu tidur yang cukup itu bisa meningkatkan daya ingat dan fungsi mental lainnya.

Menurunnya kekebalan Tubuh

Masalah kurang tidur sangatlah serius karena dapat mempengaruhi fungsi tubuh termasuk kekebalan tubuh. Kalau kamu kurang tidur, kamu rentan terkena penyakit dan mudah sekali jatuh sakit. Akibatnya kualitas hidup pun akan menurun dan beraktivitas akan terasa lebih sulit dari biasa.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Single Dan BerUsia Diatas 25Tahun? Hati-Hati!!

Katanya Ini Alasan Wanita Di Atas 25-An Sulit