Mungkin kamu menyadari ketika kamu memiliki banyak sekali tumpukan pekerjaan di kantor maka yang terjadi adalah pikiran pun jadi tertekan dan akhirnya stres. Nah, saat momen stres inilah tak jarang jerawat kemudian muncul atau bahkan ditandai dengan masalah kulit lainnya. Wah, jangan-jangan stres bisa mempengaruhi kulit wajah ladies.

Ya, pernyataan tersebut memang benar adanya dimana ketika kamu stres maka produksi dari hormon kortisol akan bisa meningkat. Peningkatan dari hormon ini kemudian bisa menjadikan kulit pun lebih berminyak sehingga rentan berjerawat serta mengalami banyak gangguan. Faktor lainnya adalah ketika sedang stres, maka kamu pun malas atau bahkan lupa merawat kulit misalnya mencuci wajah dan memakai pelembab sehingga kondisi kulit pun bisa kian parah.

Masalah kulit yang umum muncul ketika stres

Saat stres melanda, maka kamu pun akan berpotensi untuk terkena banyak masalah kulit. Berikut ini beberapa masalah kulit yang kemungkinan bisa muncul saat kamu mengalami stres.

  • Jerawat – seperti yang sudah disampaikan sebelumnya jika kadar hormon kortisol bisa meningkat ketika kamu stres sehingga bisa menjadikan produksi minyak berlebih. Nah, dari sinilah jerawat pun bisa muncul karena banyaknya minyak yang diproduksi tersebut.
  • Biduran – kondisi biduran ini merupakan reaksi imun pada zat alergen. Saat stres, tubuh pun mengeluarkan zat kimia dimana bisa mengubah respon dari tubuh pada paparan alergen. Tak heran jika kulit pun jadi rentan alergi dan sangat sensitif sehingga bisa memicu biduran.
  • Eksim atopik – eksim atopik bisa menjadikan kulit dari penderitanya menjadi gatal, merah, bersisik dan kemudian menebal. Meski sebab eksim atopik tidak diketahui dengan pasti, tapi berdasar beberapa survey ternyata stres juga bisa menyebabkan kondisi ini.
  • Psoriasis – gangguan di kulit dan berhubungan pada sistem kekebalan tubuh dikenal dengan psoriasis. Tanda psoriasis adalah dengan bercak merah di kulit yang gatal dan bersisik. Ternyata pemicu masalah ini juga berkaitan dengan stres lho. Wah, nggak nyangka ya.

Tips mengatasi efek stres di kulit

Jika kamu mengalami beberapa hal tersebut di kulit, pastinya juga nggak akan nyaman ladies. Jika demikian, maka kamu bisa mencoba untuk menggunakan beberapa tips berikut ini dalam mengatasi efek stres di kulit kamu.

  • Pastikan untuk senantiasa jaga kebersihan dan juga kesehatan kulit kamu. Meski sedang stres dan lelah, membersihkan wajah dan memakai pelembab adalah rutinitas yang sama sekali tidak boleh ditinggalkan.
  • Mengkonsumsi makanan bergizi juga bisa jadi solusi ketika kulit kamu sedang rewel karena stres. Waspadai jika kamu sudah mulai kerap makan makanan tidak sehat lantaran ini bisa jadi memperburuk kondisi kulit. Mulai selektif pada makananmu ya ladies.
  • Istirahat juga amat penting untuk kulit yang mengalami efek akibat stres. Kamu harus cukupi kebutuhan tidurmu karena di waktu inilah tubuh akan berusaha memperbaiki jaringan tubuh rusak dan juga jaringan kulit.
  • Teknik meditasi dan relaksasi nyatanya bisa mengatasi stres lho ladies. Untuk itu kamu disarankan untuk melakukan teknik tersebut saat sedang stres sehingga tidak berlarut-larut.
  • Jika memang kondisi kulit sudah sangat kacau, maka kamu boleh juga untuk menggunakan krim atau salep. Tapi pastikan konsultasi dengan dokter dulu. 

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/stres-di-dunia-kerja-ternyata-bisa-berdampak-buruk-lho-yuk-cari-tahu/

http://www.tampilcantik.com/hilangkan-stres-dengan-aktivitas-sederhana-berikut-ini/

http://www.tampilcantik.com/stress-karena-payudara-kamu-kecil-no-worries-ini-dia-makanan-untuk-memperbesar-payudara-secara-alami/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sudah Diet Tapi Berat Badan Tak Turun Juga? Coba Cara Tradisional Yuk!

Berat badan kerap menjadi masalah pelik untuk sebagian