Ketika Anda melihat iklan di mana seorang gadis dengan senang hati melompat-lompat pada waktunya, siap untuk mendaki gunung dan melakukan tugas-tugas Hercules yang tidak dia lakukan bahkan pada hari-hari biasa, apakah itu membuat Anda marah? Kami tidak tahu tentang Anda, tetapi ini jelas mengganggu kami. Ini sama sekali bukan bagaimana periode membuat kita merasa; jika ada, mereka membuat kita merasa sebaliknya—lelah, murung, melawan rasa lelah dan kram yang berkepanjangan. Berbicara tentang kram yang berkepanjangan, berapa banyak dari Anda yang harus melakukannya setiap kali menstruasi? Setiap bulan ketika menstruasi Anda muncul, kram mengikuti, memperburuk situasi. Untuk semua wanita yang membaca ini dan mengangguk, kami merasakan Anda. Tetap bersama kami, dan baca bersama saat kami membahas kram, mengapa hal itu terjadi dan beberapa solusi kram menstruasi yang efektif.

Apa Penyebab Kram Menstruasi?

Saat menstruasi, biasanya terasa tidak nyaman di sekitar perut, punggung bawah, dan paha. Ini terjadi karena selama periode Anda, otot-otot rahim Anda berkontraksi dan rileks untuk melepaskan lapisan yang terbentuk. Jadi, saat otot-otot ini bekerja, Anda mungkin mengalami kram.

Mengapa Kram Menstruasi Menyakitkan?

Dokter tidak dapat mengetahui mengapa beberapa wanita mengalami menstruasi yang menyakitkan dan yang lainnya tidak. Beberapa faktor yang mungkin terkait dengan nyeri hebat meliputi:

  • berusia di bawah 20 tahun atau baru mulai menstruasi
  • mengalami aliran darah yang deras
  • memiliki anak pertamamu
  • endometriosis (pertumbuhan jaringan rahim yang tidak normal)
  • penggunaan alat kontrasepsi

Pengobatan Rumahan untuk Kram Menstruasi

Sebagian besar waktu, kram ringan hingga sementara dapat diobati dengan pengobatan rumahan. Baca terus untuk tips mendapatkan bantuan dan pelajari beberapa obat kram menstruasi yang aman dan efektif untuk mengurangi rasa sakit selama siklus Anda berikutnya.

1. Pijat dengan minyak esensial

Memijat kulit Anda dengan minyak esensial aromatik adalah obat kram periode yang bagus untuk menghilangkan rasa sakit. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, wanita yang diberi krim dengan minyak esensial untuk menghilangkan kram mengalami pengurangan rasa sakit yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang diberi krim hanya dengan pewangi sintetis. Terapi pijat untuk menstruasi melibatkan penekanan titik-titik tertentu di perut, samping, dan punggung Anda.

Selalu encerkan minyak esensial Anda dengan minyak pembawa; rasionya harus satu tetes minyak esensial per sendok teh minyak pembawa.

2. Cobalah pose yoga

Meskipun gagasan berolahraga selama periode Anda mungkin terdengar tidak menarik, hal itu melepaskan endorfin, yang efektif untuk mengurangi nyeri haid. Yoga adalah latihan ringan yang berfungsi sebagai obat kram menstruasi yang efektif. Beberapa pose yoga yang harus Anda coba untuk meredakan kram adalah: baddha konasana, balasana, bharadvaja, dan viparita karani. Jangan melakukan pose terbalik, karena dapat mengganggu aliran alami Anda.

3. Hindari makanan tertentu

Saat menstruasi, hindari makanan yang menyebabkan kembung dan retensi air. Mengurangi konsumsi makanan seperti itu berfungsi sebagai obat kram menstruasi yang hebat. Berikut beberapa makanan yang harus Anda hindari:

  • Makanan berlemak
  • Makanan asin
  • Alkohol
  • Kafein
  • Minuman berkarbonasi

Mengurangi konsumsi makanan dan minuman ini mungkin sulit, tetapi jika itu tidak berhasil, cobalah setidaknya mengurangi asupannya. Anda juga dapat menggantinya dengan alternatif. Cicipi teh jahe dan lemon alih-alih kopi. Camilan buah-buahan seperti stroberi atau raspberry alih-alih meraih camilan sampah.

4. Gunakan bantal pemanas

Rahim adalah otot, jadi tenangkan seperti Anda menenangkan otot lain – dengan memberikan panas. Menggunakan bantal pemanas atau botol air panas adalah obat kram menstruasi yang bermanfaat, dan penelitian juga mendukung klaim ini. Ini membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh kram. Jika Anda tidak memiliki bantal pemanas, Anda bisa menggunakan handuk panas. Jika mau, Anda juga bisa membuat bantal pemanas sendiri:

    Potong dan jahit dua potong kain, sisakan lubang di bagian atas.

    Isi dengan nasi mentah dan jahit lubangnya.

    Microwave ini selama beberapa menit sampai hangat.

    Biarkan dingin, jika perlu. Sebagai alternatif, bungkus pad buatan sendiri ini dengan handuk untuk mengurangi perpindahan panas. Gunakan kembali sesuai kebutuhan.

5. Konsumsi teh herbal

Teh herbal tidak hanya menenangkan dan menenangkan, tetapi juga obat kram menstruasi yang efektif. Menurut ahli gizi, teh herbal tertentu dapat membantu meredakan kram menstruasi, meskipun penelitian tentang hal yang sama masih langka. Untuk nyeri haid, teh chamomile dan peppermint direkomendasikan.

6. Lakukan perubahan dalam diet Anda

Membuat perubahan dalam diet Anda adalah solusi jangka panjang untuk kram menstruasi. Salah satu nutrisi yang dapat membantu meredakan kram menstruasi adalah magnesium. Dia ditemukan dalam beberapa makanan seperti:

  • kacang hitam
  • yogurt
  • kacang almond
  • bayam
  • selai kacang
  • kenari
  • biji labu

7. Cobalah akupunktur

Akupunktur juga sangat membantu dalam meredakan kram. Metode penyembuhan kuno ini melemaskan sistem saraf, sehingga memungkinkan lebih banyak darah mengalir ke organ dalam, meredakan peradangan.

Baca Juga :

Perubahan Menstruasi Saat Usia 20-an, 30-an, dan 40-an Tahun

Ladies, Ternyata Ini yang Dipakai Wanita Selama Menstruasi pada Zaman Dahulu

Kram Parah Saat Menstruasi? Coba 5 Tips Ini untuk Meredakannya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Kulit Anda

Manfaat daun jambu biji banyak sekali. Merebus daun