Sebentar lagi masuk ke bulan Ramadhan yakni bulan yang sangat mulia. Semua umat muslim diwajibkan untuk melakukan puasa ketika Ramadhan tiba dimana merupakan perintah dari agama. Puasa sendiri adalah aktivitas untuk menahan hawa nafsu dan lapar dan juga menahan dari ragam perbuatan yang bisa batalkan puasa dan pahalanya.

 

Untuk kamu yang sedang melakukan diet, mungkin akan mulai berpikir untuk berhenti diet selama puasa karena perubahan jadwal makan. Sebetulnya meski kamu sedang puasa pun kamu tetap bisa melakukan diet kok. Berikut ini beberapa tips ketika kamu menjalankan ibadah puasa.

 

Makan sahur dengan teratur

Sahur menjadi aktivitas yang pastinya kamu lakukan ketika kamu berpuasa. Dengan sahur, maka akan bisa jadi cadangan energi untuk tubuh dalam melakukan aktivitas seharian. Kamu yang sedang diet pun juga wajib makan sahur. Selain berpahala, kamu akan bisa mendapatkan tenaga. Mungkin kamu kadang malas makan sahur karena waktunya yang benar-benar masih pagi. Namun, demi kekuatan menjalani aktivitas kamu harus tetap makan sahur lho.

 

Memilih makanan bergizi

Makanan yang dipilih ketika puasa juga harus dipilih dengan benar. Kamu harus makan dengan makanan yang cukup vitamin serta gizi yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Ada baiknya saat puasa kamu hindari makan makanan yang berminyak terlalu banyak, terlalu asin hingga dengan lemak tinggi. Hal ini karena usai puasa seharian kamu berpikir untuk bisa makan segala hal yang diinginkan padahal jika makan berlebihan maka kamu akan bisa gagal saat diet.

 

Hindari karbo berlebihan

Nasi sendiri menjadi makanan pokok orang Indonesia yang amat sulit untuk ditinggalkan. Bahkan banyak yang menyebut jika belum makan kalau belum ada asupan nasi meski sudah makan mi, roti, kentang dan lainnya. Ini karena memang nasi sudah begitu mendarah daging di Indonesia. Jika kamu sedang dalam masa diet, karbohirat itu tetap penting lho untuk tenagamu seharian. Kamu boleh saja makan nasi, tapi tidak boleh terlalu banyak dimana bisa berdampak di rencana diet. Namun, untuk lebih amannya kamu bisa ganti karbohidratmu dengan roti gandum, kentang hingga oat.

 

Batasi minuman yang manis

Minuman manis memang sangat nikmat ketika menemani kamu berbuka puasa. Meski demikian, usahakan untuk menghindari minum minuman manis dan juga berkafein ketika kamu buka puasa dan sahur. Namun, jika memang begitu sulit dilakukan maka ada baiknya membatasi hanya satu gelas saja. Ada baiknya kamu memperbanyak minum air putih sehingga tidak dehidrasi dan kehausan ketika puasa seharian.

 

Olahraga itu wajib lho

Olahraga saat puasa? Capek dan haus banget pastinya. Lho, olahraga kan bukan selalu jogging atau basket. Olahraga bisa kamu lakukan dengan lebih pelan misalnya nge-gym, angkat beban dan lain sebagainya. Pilih waktu mendekati waktu buka puasa sehingga sambil menunggu waktu buka dong. Dengan demikian, ketika kamu haus maka sudah dekat dengan waktu buka puasa. Pastikan juga untuk tetap makan banyak sayur dan buah selama kamu buka puasa dan sahur sehingga kesehatan selama puasa dan nutrisinya tetap terjaga.

 

Baca Juga :

Konsumsi Makanan Jepang Bermanfaat Untuk Diet Lho, Yuk Cari Tahu!

Yuk Cari Tau Sisi Positif Dan Negatif Tiap Metode Memasak untuk Lancarkan Dietmu

Ternyata Makanan Jepang Bisa Membantu Diet Kamu Loh!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Makanan Berkalori Tinggi Dan Efek Sampingnya

Bagi para pejuang diet tentu sudah tidak asing