636006032933606514-347553577_shutterstock_136830527Memang nyatanya agak susah untuk tidak menunda-nunda pekerjaan walau kita sering merencanakan kegiatan ini itu di pagi hari dan tidak ingin menunda pekerjaan. Perkara menunda pekerjaan memang terlihat sepele, namun jika kamu terbiasa menunda pekerjaan dan membiarkan pekerjaanmu menumpuk justru akan mengancam beberapa hal dalam hidupmu lainnya, perasaan malas untuk mengerjakan pekerjaan yang sudah menumpuk itu juga pasti ada.

Tidak ada yang tidak mungkin jika kamu benar-benar memiliki tekad kuat untuk tidak menunda pekerjaan atau mengubah kebiasaanmu menunda-nunda pekerjaan. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu simak.

Konsekuensi

Tentunya kamu tidak ingin gagal mencapai tujuan atau tidak mendapat kesempatan mengembangkan diri gegara kamu suka menunda pekerjana kan? Untuk itu, sebelum keinginanmu menunda pekerjaan itu muncul, coba pikirkan tentang konsekuensinya. Pikirkan apa saja kerugian jika kamu memilih untuk menunda-nunda pekerjaan.

Cara Kamu Sendiri

Jika kamu sering diberitahu cara untuk melakukan suatu pekerjaan dan hal tersebut membuatmu tidak nyaman, maka lakukanlah dengan caramu asal tetap sesuai prosedur dan tujuan yang sama. Melakukan sesuatu dengan cara sendiri membuatmu lebih bersemangat dan tidak ada keinginan untuk menunda pekerjaan tersebut.

Saran Dari Orang Lain

Saran dari orang yang lihai menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu serta tidak suka menunda-nunda pekerjaan sungguh akan sangat membantumu. Jika kamu memiliki rekan, sanak keluarga, atau kawan yang termasuk kategori tersebut, mintalah saran dari mereka, saran tersebut bisa menjadi pemicu semangatmu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Waktu Produktif

Ingatlah untuk mengerjakan pekerjaan di waktu produktifmu. Di mana kamu lebih cepat menyelesaikan pekerjaan, misal kamu lebih cepat bekerja pada rentang pukul 9 pagi sampai 12 siang, atau mulai dari pukul 3 sore-7 malam, atau bisa jadi pukul 9 malam sampai 12 malam. Hanya kamu yang tahu kapan waktu produktifmu. Jika kamu sudah tau waktu produktifmu maka bekerjalah pada jam tersebut. Niscaya semangatmu untuk menyelesaikan pekerjaan yang banyak tetap stabil dan tidak berkurang.

Hadiah untuk Dirimu Sendiri

Cobalah untuk mengapresiasi dirimu setiap kali kamu berhasil menyelesaikan pekerjaanmu. Justru lebih bagus jika kamu berhasil mencapai target dalam pekerjaan, berilah hadiah sebagai tanda apresiasi usahamu dalam menyelesaikan pekerjaan. Tidak perlu yang muluk-muluk. Kamu bisa menghadiahi dirimu segelas cokelat dingin atau cokelat panas di kafe favoritmu atau menghadiahi dirimu barang favorit semisal tas, buku bacaan, dll.  Hal ini tentu membuatmu senang dan tentunya tidak ada lagi keinginan untuk menunda pekerjaan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Punya Masalah dengan Percaya Diri? Begini Caranya Ningkatin Rasa Pedemu

Jika kamu merasa bahwa kamu adalah satu-satunya orang