Tips memilih sunscreen

Tips memilih sunscreen kerap kali diabaikan oleh banyak orang. Terlebih dengan pola pikir bahwa sunscreen hanya berguna untuk menjaga kulit dari sengatan matahari. Pendapat ini tentu saja salah mengingat ada banyak sekali kegunaan lain dari sunscreen untuk kesehatan kulit.

Sunscreen memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari bahaya jahat cahaya ultra violet (UVA) yang bisa menyebabkan kanker kulit. Paparan UVA dari cahaya matahari ini dipercaya bisa meningkatkan kerja sel-sel kulit, yang membuat semakin besar kemungkinan untuk terkena skin cancer atau kanker kulit. Karena itu, jangan lupa memakai sunscreen atau pelindung matahari ketika beraktifitas di luar ruangan, ketika berolah raga dan berada di pantai ya!

Nah ketika memilih berbagai jenis sunscreen, ada 5 aturan yang penting untuk selalu diperhatikan. Dibawah ini ya!

#1 Pastikan tidak kadaluarsa!

Aturan pertama ketika memilih sunscreen adalah pastikan produk yang digunakan tidak kadaluarsa. Tips ini rasanya terdengar konyol, namun pada nyatanya masih banyak orang yang tanpa ragu menggunakan produk sunscreen yang kadaluarsa. Produk yang sudah melebihi masa expired memiliki kecenderungan timbulnya bakteri berbahaya. Yang akhirnya bisa memberikan banyak masalah pada kulit.

#2 Pilih bahan yang tepat

Ada banyak sekali kandungan bahan dalam sunscreen, yang bisa jadi masing-masing merk memiliki bahan mereka masing-masing. Pastikan bahan yang digunakan tidak berbahaya dan digunakan tepat sesuai usia.

Bahan sunscreen untuk orang dewasa bisa mengandung : benzophenones (oxybenzone), cinnamates (octylmethyl cinnamate and cinoxate), sulisobenzone, salicylates,titanium dioxide, zinc oxide, avobenzone (Parsol 1789), dan ecamsule (Mexoryl SX).

Sedangkan untuk anak-anak adalah : para-aminobenzoic acid (PABA) and benzephenones, such as dioxybenzone, oxybenzone, atau sulisobenzone.

Untuk tipe kulit sensitif serta bermasalah, sebaiknya hindari bahan pewangi, pewarna, hingga kandungan alkohol tinggi.

#3 Perhatikan tingkatan SPF

SPF menjadi salah satu hal penting lain yang harus diperhatikan ketika memilih produk pelindung matahari. Dari banyak tips memilih sunscreen, mungkin kamu sudah tahu sebaiknya pilih sunscreen dengan SPF lebih dari 15. SPF sendiri merupakan indikator dari seberapa ampuh produk tersebut melindungi kulit dari sengatan matahari.

#4 Penggunaan

Perhatikan bila sunscreen tersebut digunakan untuk di pantai, yang mana cahaya mataharinya lebih besar dibandingkan pada saat kebanyakan. Dan juga, pada penggunaan sunscreen untuk olahraga sebaiknya pilih yang menggunakan bahan anti air dan keringat. Pilih juga sunscreen yang aman digunakan untuk jangka panjang bila untuk sehari-hari ya.

#5 Gunakan merk favorite!

Seperti halnya juga banyak produk perawatan kulit serta rambut, menggunakan merk yang benar-benar kamu suka, dan sudah terbukti cocok jauh lebih baik dari pada mencoba-coba berbagai produk berbeda. Tips memilih sunscreen lain, untuk penggunaan sunscreen dalam jangka waktu lama, pastikan produk yang digunakan aman untuk janga waktu panjang ya.

 Baca juga Ternyata Ini Rahasia Perawatan Kulit Putih, Bersih dan Halus Ala Korea. Pantas Saja Cewek Korea Cantik-Cantik

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Face Scrub Vanilla Untuk Mencerahkan dan Menyegarkan Kulit Kamu

  Semua orang tahu bahwa vanila adalah rasa