Kemampuan menampilkan diri sendiri dengan benar adalah keterampilan yang penting, terutama selama wawancara kerja. Perekrut tidak hanya memperhitungkan profesionalisme dan pengalaman kamu, tetapi juga tingkat kepercayaan diri kamu, seberapa baik kamu berbicara, dan banyak hal lainnya. 

Berikut trik tentang cara membuat pewawancara lebih tertarik pada kamu :

  • Jangan membuat janji di hari Senin atau Jumat.

Psikolog dan perekrut berpengalaman telah menemukan waktu yang tepat untuk wawancara kerja, yaitu hari Selasa dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore.  Pada hari ini dan saat ini, kamu memiliki peluang terbaik untuk membuat kesan besar pada atasan kamu dan inilah alasannya : Senin adalah hari yang sulit bagi semua orang, tidak terkecuali departemen SDM.  Pada hari Jumat, semua orang memikirkan akhir pekan.  Jadi, waktu yang dapat kamu gunakan untuk keuntungan kamu adalah di tengah minggu selama itu tidak di pagi hari.

  • Trik pakaian yang akan membuat orang menyukai kamu.

 Dalam psikologi, ada istilah yang dikenal sebagai penguatan positif – itu adalah hasil yang dari kesediaan seseorang untuk terus melakukan sesuatu.  Penguatan bisa sangat berbeda (seperti uang atau pujian) tetapi ketika mencari pekerjaan, kamu akan membutuhkan ketertarikan yang sama dengan pewawancara. Bahkan majikan yang paling keras sekalipun akan secara tidak sadar mempercayai pelamar kerja jika mereka memiliki kesamaan seperti hobi, selera pakaian, musik, atau buku.

  • Hati-hati dalam berkata

Beberapa kata bisa jadi seperti bendera merah untuk seseorang, terutama pewawancara. Tentu kamu harus berhati-hati dalam memilih kata. Jika kamu keceplosan dengan kebiasaan burukmu dalam berkata-kata dan itu tidak berkenan di hati pewawancara, kamu bisa gagal.

  • Senyum dapat merusak kesan pertama, bahkan jika kamu seorang profesional sekalipun

Perekrut tidak menyukai orang yang memiliki senyum lebar. Seseorang yang sering tersenyum diyakini merupakan orang yang kurang serius. Satu-satunya jenis pekerjaan dimana orang yang tersenyum memiliki keuntungan adalah pekerjaan yang membutuhkan keramahtamahan seperti berhubungan dengan pelanggan atau client. Kamu harus pintar melihat situasi dan kondisi.

  • Trik saat menjawab pertanyaan dari CV

Di perusahaan besar, perekrut harus melakukan banyak wawancara kerja dan semuanya tetap sama.  Karyawan masa depan menjawab pertanyaan yang ingin mereka dengar, sehingga wawancara menjadi terlalu lancar dan sempurna.  Pada akhirnya, semua pencari kerja persis sama di mata para perekrut.  Tapi ada satu rahasia. Hancurkan situasi monoton dan katakan, “Biarkan saya memberi tahu kamu sesuatu yang tidak ada di CV saya.” Hal ini akan membuat perekrut lengah dan membuat mereka tertarik padamu.

  • Teknik berbicara khusus akan memberi kamu beberapa hak istimewa

Psikolog merekomendasikan kamu perlu menggunakan teknik yang disebut mendengarkan secara reflektif.  Ini adalah strategi komunikatif yang terdiri dari 3 langkah: ulangi, setujui, dan tambahkan.  Kamu tidak bisa hanya mendengarkan dan mengangguk, kamu harus memberi tahu orang tersebut bahwa kamu memahami informasinya. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat akan interview kerja. Semoga beruntung, ya!

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/5-paduan-gaya-pakaian-untuk-interview-yang-bisa-kamu-contek/

http://www.tampilcantik.com/tahu-tidak-5-item-fashion-ini-tak-boleh-dikenakan-ketika-interview-kerja/

http://www.tampilcantik.com/mau-ambil-hati-mertua-ini-tips-untuk-menjadi-menantu-kesayangan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah Tips untuk Traveling yang Ramah Lingkungan

Kamu sedang merencanakan liburan akhir tahun? Kota mana