Memiliki kulit wajah yang mulus dan bersih pastilah menjadi dambaan tiap wanita. Untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang demikian, maka para wanita pun tak sungkan untuk mengeluarkan uang sampai jutaan rupiah untuk perawatan kulit wajahnya. Salah satu masalah yang paling nggak banget adalah masalah komedo. Ini karena komedo juga memicu banyak masalah kulit lainnya sehingga pastinya menyebalkan sekali.

 

Komedo, baik yang hitam atau putih memang menjadi masalah yang cukup serius untuk para wanita. Tiap melihat komedo pastinya tanganmu sangat gatal ingin memencet dan menghilangkannya. Tapi cara ini ternyata bahaya banget lho ladies. Agar kamu lebih hati-hati lagi, maka berikut ini beberapa bahaya memencet komedo yang wajib kamu tahu.

 

Memunculkan jerawat

Banyak yang berpikir jika memencet komedo maka artinya kamu akan mengeluarkan komedo dari pori kulit. Memang ini benar, tapi jika memencetnya menggunakan peralatan khusus dan dilakukan oleh profesional. Tapi ketika kamu memencet komedo memakai tangan, maka kamu harus bersiap dengan risikonya yakni dengan memunculkan jerawat. Ini karena dengan memencet komedo menggunakan tangan maka menjadikan komedo kian terdorong ke kulit sehingga jadikan folikel kulit pun kian meradang. Belum lagi dengan potensi besar dalam memasukkan bakteri dari tangan pada pori kulit. Wah, jerawatnya pun akan kian betah di kulit wajah kamu.

 

Memunculkan luka baru karena robekan kulit

Pinginnya sih menghilangkan komedo membandel di kulit wajah, taunya malah menjadikan luka yang baru di kulit lho. Jika kamu kebetulan memencet komedo dengan tenaga penuh dan kuat, maka ini bisa berpotensi untuk merobek kulit di area komedo lho. Terutama ketika kamu tidak sengaja memencet komedo memakai kuku sedangkan kondisi kulit kamu tipis. Ini akan memicu perdarahan sehingga menjadikan terbentuknya luka yang baru. Luka baru seperti ini kerapkali sulit hilangnya sama halnya dengan bekas jerawat. Nah, kini kamu tahu bahwa memencet komedo itu bukan langkah yang bijak dalam menghilangkannya.

 

Infeksi kulit

Ketika kamu memencet komedo kemudian terjadi perdarahan, maka ini juga bisa memicu infeksi kulit di wajah kamu lho. Kondisi ini akan kian parah ketika kamu memencet komedo dengan tangan kotor sehingga makin banyak bakteri yang masuk nantinya. Infeksi kulit ini bisa mulai dari yang ringan hingga yang berat tergantung dari kondisinya. Bukan hanya luka yang membekas, tapi rasa sakitnya juga tak tertahankan lho.

 

Cavernous Sinus Thrombosis

Untuk bahaya lainnya yang bisa muncul dari memencet komedo menggunakan tangan yakni potensi untuk merusak pembuluh darah di bagian mata dan otak. Kok bisa segitu parahnya sih? Ini karena ada area yang disebut dengan area segitiga pada wajah dimana terbentuk mulai dari tulang hidung sampai sudut bibir. Jika kamu memencet komedo pada area segitiga ini, maka kemungkinan kamu akan bisa terkena Cavernous Sinus Thrombosis dimana bisa menyebabkan rasa sakit yang parah bahkan kematian lho. Ini karena di bagian tersebut ada pembuluh darah menghubungkan dengan mata dan otak secara langsung.

 

Baca Juga :

Eiits, Jangan Minder Hanya Karena Komedo! Kalahkan Komedo dengan Masker Ini

3 Perawatan Alami Yang Dianjurkan Bagi Kamu Yang Ingin Memiliki Wajah Kinclong Tanpa Komedo

Yuk Manfaatkan Tea Tree Oil Untuk menghilangkan Komedo dengan Cara Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hasil Tak Terduga, Ternyata Inilah Teknik Make Up Jamsu Yang Wajib Kamu Tahu

Dunia make up memang sudah banyak berkembang. Beberapa