Ponsel saat ini sudah menjadi sahabat dan kebutuhan untuk manusia. Hampir semua orang kini memiliki ponsel masing-masing untuk mendukung seluruh kebutuhannya. Jika dulu ponsel adalah barang mewah, maka beda dengan saat ini dimana ponsel termasuk barang biasa. Mengingat kebutuhan manusia akan ponsel amat tinggi, kadang ponsel pun menjadi benda terakhir yang dipegang sebelum tidur. Apakah kamu juga begitu?

Demi menjaga komunikasi, maka tidur pun mungkin harus dekat dengan ponsel. Mungkin hal ini sangat biasa, tapi sebetulnya ada banyak bahaya yang mengintai ketika kamu tidur dekat dengan ponsel lho. Berdasarkan data dari WHO selaku badan kesehatan dunia, radiasi ponsel ini bersifat karsinogenik dimana bisa pengaruhi susunan saraf yang ada pada manusia sehingga bisa jadi sebab kanker atau tumor lho.

Untuk menyadarkan betapa bahayanya tidur dekat dengan ponsel, maka berikut ini beberapa efek negatif yang bisa muncul dan wajib kamu tahu:

1. Sebabkan kanker atau tumor otak

Radiasi pada ponsel bisa mempengaruhi neoplasma yang terbentuk dari regenerasi pada sel secara tidak wajar. Pada umumnya, tumor otak bisa menyerang pada orang dewasa dengan usia yang produktif. Meski demikian, tidak sedikit juga ditemukan kasus tumor bisa serang pada anak-anak.

Mirip dengan tumor otak, radiasi pada ponsel pun bisa pengaruhi proses pada pembelahan sel di tubuh yang menjadi tidak terkendali. Sel abnormal tersebut kemudian menyerang jaringan paling dekat yang umum bersentuhan pada ponsel langsung misalnya kulit dan telinga. Tidak jarang perut juga bisa terkena radiasi ponsel karena tak sengaja tertindih. Bahaya sekali ya.

2. Terbakar lalu meledak

Tentu kamu sudah akrab dengan berbagai berita yang menyampaikan jika ponsel meledak ketika pemilik tertidur sehingga menyebabkan luka hingga kehilangan nyawa. Umumnya kondisi ini terjadi ketika pengisian baterai yang sudah penuh tapi ketiduran. Kondisi ini menjadikan ponsel panas sehingga kemungkinan korsleting dan meledak.

3. Sakit kepala

Radiasi pada ponsel untuk beberapa orang yang memiliki sensitivitas tinggi di gelombang RF bisa sebabkan kepala menjadi sakit. Bahkan untuk kasus yang lumayan parah, maka bisa menjadikan pusing berkepanjangan, mual sampai muntah.

4. Berkurangnya kualitas tidur

Perlu kamu tahu jika ponsel bisa jadikan kualitas tidurmu berkurang lho. Hal ini karena kadang penggunanya terganggu dering ponsel, terlalu asyik game, telepon, chatting dan lainnya. Dengan demikian, banyak pengguna yang kerap merasa gelisah jika harus mendiamkan ponselnya yang mengakibatkan kualitas tidur pun akhirnya berkurang.

5. Letih dan lelah

Masih berlanjut dari akibat sebelumnya. Tentunya jika tidurmu tidak nyenyak, maka kamu akan mengalami kelelahan di pagi harinya. Kamu akan merasa lemas, lelah dan lunglai sehingga kurang bisa konsentrasi.

Pada dasarnya ponsel memang benda yang sangat dibutuhkan. Meski demikian jangan sampai kamu juga mengabaikan kesehatanmu. Menggunakan ponsel tentu boleh saja asalkan tahu batas wajarnya. Ketika sudah waktu tidur, ada baiknya untuk mengistirahatkan ponselmu juga. Matikan ponsel dan letakkan jauh dari tempat tidur. Fokus untuk istirahat karena esok hari kamu memiliki segudang aktivitas untuk dilakukan.

Baca Juga Tahukah Kamu Kebiasaan Kesehatan Ini Sebenarnya Buruk Bagi Kamu? Jadi Hati-hati Yaa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mual Saat Menstruasi Bisa Diatasi Dengan Cara Ini Ladies

Menstruasi menjadi hal alami yang terjadi pada tubuh