Memasak menjadi salah satu hobi yang banyak dilakukan wanita. Namun, tak menutup potensi juga jika pria suka memasak dan tak sedikit yang jadi chef ternama. Memasak memang asyik. Selain itu, kamu juga harus sadar jika kini makanan yang dijual di luaran memang kurang higienis dan menyehatkan sehingga ada baiknya kamu memasak sendiri makanan yang akan kamu santap.

 

Bagi kamu yang diet, maka bukan hanya harus memikirkan masak apa tapi juga tentang bagaimana cara memasak. Ya, kamu harus tahu jika metode memasak yang berbeda-beda saat ini pun memberikan hasil yang berbeda pula dari segi kandungan nutrisi di makanan tersebut. Nah, untuk itu, penting sekali kamu tahu sisi kelebihan dan kekurangan setiap metode memasak berikut ini.

 

Tumis

Teknik yang satu ini sebetulnya tergolong sehat lantaran waktu memasaknya yang singkat. Dengan menumis, maka antioksidan yang ada di sayuran akan bisa tetap terjaga. Selain itu, beta karoten juga bahkan lebih mudah terserap. Namun, terdapat penelitian yang menunjukkan jika kandungan vitamin C di kubis merah dan juga brikoli bisa berkurang ketika ditumis. Untuk itu, kamu bisa menambah air dan kaldu rendah garam sehingga kualitas makanannya terjaga.

 

Goreng

Metode memasak dengan digoreng memang paling banyak disukai karena bisa menjadikan makanan renyah dan matang seluruhnya. Selain itu makanan pun terasa lebih gurih dan sedap. Sebetulnya meski digoreng, tapi kandungan vitamin B dan C yang ada di makanan bisa tetap terjaga lho. Tapi, memang ada kekurangan di teknik menggoreng mulai dari kandungan kalori dan lemak trans di makanan meningkat, hilangnya beberapa nutrisi di makanan tertentu, hingga adanya kandungan racun di minyak yang dipanaskan di suhu terlalu tinggi.

 

Kukus

Bagi kamu yang sedang diet, biasanya metode kukus adalah yang banyak disarankan. Ya, ini memang cara masak terbaik lantaran kandungan vitamin yang ada di makanan bisa senantiasa terjaga. Tapi memang, metode kukus ini menjadikan rasa makanannya terasa hambar. Cobalah menambahkan bumbu dan saus yang cukup sehingga rasa hambarnya berganti nikmat.

 

Rebus

Selain mengukus, metode sehat lainnya ketika memasak yakni dengan direbus. Namun, ketika kamu terlalu lama merebus sayur, maka nutrisi juga bisa hilang lho. Tapi beda kasus ketika kamu merebus ikan lantaran justru mampu mempertahankan kandungan dari asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya tetap maksimal.

 

Bakar atau panggang langsung dengan api

Teknik bakar atau panggang api langsung memang sedang menjadi tren saat ini. Bau harum makanan akan langsung menyeruak ketika menggunakan teknik ini. Namun, teknik memasak yang satu ini bisa menjadikan vitamin B dan mineral di daging justru hilang. Belum lagi tetesan lemak daging mengandung zat yang bisa menyebabkan kanker lho. Padahal sebetulnya teknik ini juga bisa turunkan kadar kolesterol sih.

 

Panggang di oven

Terakhir ada teknik memanggang lewat oven misalnya memasak roti, kue hingga daging. Ternyata cara masak ini bisa mempertahankan kandungan vitamin dan mineral di makanan lho. Tapi jika terlalu lama terkena panas, maka vitamin B yang ada di daging bisa hilang hampir separuhnya.

 

Baca Juga :

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Membuat Salad Berkualitas Dan Menyehatkan, Cocok Untuk Diet Lho

Sebagai pejuang diet, kamu tentu harus memperhatikan benar