Related image

Gandum adalah sereal yang paling umum tersedia di seluruh dunia dan permintaannya semakin tinggi dalam beberapa tahun terakhir karena manfaat kesehatannya yang melimpah. Selama bertahun-tahun, ia telah menunjukkan diri sebagai salah satu tanaman serealia paling sukses dan berkelanjutan di dunia. Ini berasal dari  Asia Tenggara, tapi sekarang tumbuh di negara-negara yang tak terhitung jumlahnya.

Makanan seperti roti, pasta, biskuit, bagel, kue, dan muffin hanyalah beberapa contoh sumber gandum. Gandum juga diyakini sebagai salah satu makanan yang paling sehat, dan ini menjamin diet kaya nutrisi. Penelitian telah membuktikan bahwa gandum sangat bermanfaat untuk hidup sehat. Ini sangat menurunkan bahaya penyakit jantung, karena kandungannya yang relatif rendah lemak. Ini juga mengatur kadar glukosa darah pada penderita diabetes.

Mengonsumsi gandum akan  memberi kamu sumber energi yang sangat besar. Nilai gizi gandum tetap dipertahankan bahkan setelah mengolahnya menjadi tepung. Namun, jika kamu ingin mendapatkan manfaat maksimal dari produk gandum, disarankan untuk memilih produk yang terbuat dari tepung gandum utuh daripada varietas olahannya.

Gandum kaya akan unsur katalitik, garam mineral, kalsium, magnesium, potassium, sulfur, klorin, arsenik, silikon, mangan, seng, iodida, tembaga, vitamin B, dan vitamin E. Kekayaan nutrisi inilah yang sering digunakan sebagai sebuah basis budaya atau fondasi makanan. Inilah yang membuat gandum memiliki banyak manfaat, antara lain :

  1. Mencegah Kanker Payudara

Penelitian di British Cohort Study Study menemukan bahwa diet kaya serat sangat penting bagi wanita untuk mencegah kanker payudara. Makanan seperti gandum dan buah-buahan memberikan perlindungan yang signifikan bagi wanita pra-menopause melawan kanker payudara. Selain itu, studi mengatakan bahwa sekitar 30 gram gandum yang dikonsumsi setiap hari sudah cukup bagi wanita untuk mengurangi risiko kanker payudara. Laporan membuktikan bahwa wanita pra-menopause yang telah mengkonsumsi gandum memiliki 41% penurunan risiko kanker payudara dibandingkan dengan orang lain yang mengonsumsi serat bentuk lainnya.

  1. Mengontrol Obesitas

Gandum memiliki kemampuan alami untuk mengendalikan berat badan, namun kemampuan ini lebih terasa di kalangan wanita. American Journal of Clinical Nutrition telah menunjukkan melalui penelitian bahwa gandum utuh, bukan bentuk halus, adalah pilihan yang baik untuk pasien obesitas. Wanita yang mengkonsumsi produk gandum selama periode lama menunjukkan penurunan berat badan yang jauh lebih tinggi daripada yang lain.

  1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Gandum kaya akan magnesium, yang merupakan mineral yang berperan sebagai co-factor untuk lebih dari 300 enzim. Enzim ini terlibat dalam penggunaan fungsional insulin dan sekresi glukosa tubuh. FDA mengizinkan makanan yang mengandung whole grain minimal 51% dan juga rendah lemak jenuh dan kolesterol, yang berarti risiko penyakit koroner lebih rendah dan jenis kanker tertentu. Selain itu, konsumsi gandum secara teratur mendorong pengendalian gula darah yang sehat. Orang yang menderita diabetes mampu menjaga kadar gula mereka terkendali dengan mengganti nasi dengan gandum dalam makanan mereka.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Berikut Yang Akan Terjadi Jika Waktu Tidurmu Kurang

Beraktivitas seharian dengan segala kesibukan yang ada memang