Keluhan tekanan darah rendah sangat umum dialami oleh banyak orang. Darah rendah sendiri bisa terdeteksi saat dokter memeriksa tekanan darah. Demi bisa meningkatkan tekanan darah, dokter umumnya akan menganjurkan pasien rutin konsumsi makanan yang khusus bisa naikkan tekanan darah. Dengan demikian, keluhan tekanan darah rendah akan bisa teratasi dengan lebih aman.

 

Umumnya tekanan darah rendah dengan tanpa gejala di orang sehat tidak berbahaya sehingga tidak diobati pun tidak mengapa. Tapi hal ini berbeda sekali dengan lansia dan juga orang yang memiliki penyakit tertentu. Alasannya adalah karena tekanan darah rendah akan bisa sebabkan aliran darah menuju otak, jantung dan juga ginjal pun menjadi tak memadai.

 

Perlu diketahui jika tekanan darah yang normal adalah di antara 90/60 mmHg sampai dengan 120/80 mmHg. Apabila di bawah 90/60 mmHg, maka bisa dikatakan jika orang tersebut sedang mengalami tekanan darah rendah. Memang kondisi ini tak menimbulkan gejala di beberapa orang, tapi jika memang ada gejala misalnya pusing, mual, lemas hingga pandangan mata yang kabur dan bahkan akan pingsan maka ada baiknya kamu periksakan diri ke dokter.

 

Cara yang paling umum untuk bisa meningkatkan tekanan darah sehingga bisa kembali normal yakni dengan konsumsi makanan tertentu. berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi.

 

Makanan tinggi vitamin B12

Beberapa makanan dengan kandungan vitamin B12 yang tinggi misalnya daging ayam, sapi, telur, susu rendah lemak, kerang hingga hati sapi akan menjadi makanan yang baik dikonsumsi jika kamu sering mengalami tekanan darah rendah. Mudah ditemukan bukan?

 

Makanan tinggi folat

Bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah, sayur dengan warna hijau seperti brokoli dan bayam sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu buah seperti pisang, pepaya dan alpukat, hingga biji-bijian dan kacang-kacangan juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi lho.

 

Makanan asin

Siapa yang suka makanan dengan rasa asin? Beruntung sekali karena kamu yang memiliki tekanan darah rendah untuk makan makanan yang asin mulai dari ikan asin, makanan kaleng hingga makanan dengan tambahan garam. Namun, kamu harus tahu jumlah asupan garam yang disarankan yakni 4,5 hingga 5 gram saja per hari lho ya.

 

Makanan mengandung air

Orang dengan tekanan darah rendah pun diwajibkan agar selalu mencukupi kebutuhan air kesehariannya. Oleh karena itu, minumlah air putih dengan jumlah yang cukup atau bisa juga dengan konsumsi buah yang memiliki kandungan air yang banyak misalnya jeruk dan semangka.

 

Makanan dan minuman dengan kafein

Mungkin banyak dari kamu yang menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein karena khawatir dengan sisi negatifnya. Tapi hal ini terbalik dengan kamu yang memiliki tekanan darah rendah karena makanan dan minuman dengan kafein justru direkomendasikan lho lantaran mampu tingkatkan tekanan darah dan juga detak jantung. Tapi hindari konsumsinya saat malam hari ya.

 

Pemeriksaan darah bisa dilakukan di berbagai klinik kesehatan, rumah sakit, puskesmas hingga bisa dilakukan seara mandiri di rumah. Dengan cara ini, maka kamu akan tahu apa penyebabnya.

 

Baca Juga :

Begini Cara Alamiah untuk Membuat Tekanan Darah Lebih Rendah

Kombinasi Makanan Bagi Penderita Diabetes Untuk Mengelola Tingkat Gula Darah

Tahu Gak, Mengapa Mendadak Kamu Jadi Punya Darah Tinggi Padahal Biasanya Normal?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Makanan Berkalori Tinggi Dan Efek Sampingnya

Bagi para pejuang diet tentu sudah tidak asing