Minyak Mustard memiliki reputasi yang kontradiktif di berbagai belahan dunia selama bertahun-tahun. Hal ini karena minyak ini bisa digunakan sebagai minyak nabati dan dianggap sangat sehat. Tetapi ternyata juga ada yang menganggap bahwa minyak ini berbahaya. Di beberapa bagian Eropa, ada larangan menjual minyak ini dan di beberapa negara lain Minyak ini biasanya dijual sebagai minyak pijat yang diperuntukkan bagi aplikasi luar saja.

Minyak esensial mustar sangat berbeda dengan minyak sawi, bukan karena diekstraksi dari bahan lain, namun dalam hal proses ekstraksi, komposisi kimia, dan khasiat obat. Kedua minyak ini diambil dari biji mustard, yang mengandung nama ilmiah Brassica Nigra (Mustard Hitam) atau Brassica Hirta (White Mustard).

Sementara minyak sawi diekstraksi dengan kompresi dingin biji mustard, minyak esensialnya diekstraksi dengan penyulingan biji mustard dari uap yang direndam dalam air, dan disitulah perbedaan utama terjadi.

Biji mustard (hitam atau putih) mengandung enzim yang disebut myrosinase dan glucosinolate yang disebut sinigrin. Kedua zat ini tetap diisolasi dalam biji mustard dalam kondisi normal namun bereaksi saat benih mengalami tekanan atau panas. Dengan adanya air, kedua komponen ini bereaksi membentuk alil isothiosianat (dalam kasus mustard hitam) dan isothiosianat normal (dalam kasus mustard putih), yang merupakan senyawa toksik. Allyl isothiocyanate hadir dalam minyak esensial mustard, disertai dengan asam lemak tertentu seperti asam oleat, linoleat, dan erukik, telah terbukti memiliki manfaat kesehatan tertentu, yang dibahas secara lebih rinci di bawah ini.

  1. Bertindak sebagai Iritan

Image result for minyak mustard sebagai iritan

Meski menjadi iritasi tidak sering dipandang sebagai hal yang baik, namun bisa bermanfaat dalam beberapa kasus. Iritasi tidak lain adalah cara organ bereaksi terhadap agen eksternal atau stimulus. Ini juga menunjukkan bahwa organ tersebut merespons rangsangan eksternal. Properti ini bisa digunakan untuk  organ yang menderita mati rasa atau kurang sensasi. Minyak esensial mustard juga digunakan untuk memompa otot dan merangsang pertumbuhan otot atau eksitasi.

  1. Merangsang Sirkulasi

Image result for minyak mustard dapat merangsang sirkulasi

Minyak esensial mustar adalah stimulan yang sangat kuat, seperti minyak sawi. Jika digunakan secara eksternal untuk tujuan pemijatan, itu akan meningkatkan sirkulasi dengan sangat baik. Ini juga meningkatkan pencernaan dengan merangsang sekresi cairan lambung dan empedu dari limpa dan hati. Sistem ekskretoris juga dibantu oleh minyak ini karena gerakan peristaltik usus diaktifkan, sehingga bermanfaat bagi pencernaan.

  1. Perawatan Rambut

Image result for minyak mustard untuk perawatan rambut

Kehadiran asam lemak seperti asam oleat dan linoleat membuat minyak esensial mustar sebagai revitalisasi rambut yang efisien. Efeknya yang merangsang meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sementara asam lemak menyehatkan akar rambut. Kamu tidsak perlu takut saat harus menggunakan minyak ini, karena penggunaan  secara berkepanjangan dapat secara efektif mencegah kerontokan rambut.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Miliki Tubuh Indah Ala Supermodel Gigi Hadid dengan Tips Diet Berikut Ini

Tubuh indah bak model seolah sudah menjadi standar