Stretch mark sangat umum dan terkadang mengganggu. Biasanya, stretch mark terlihat pada wanita setelah melahirkan, tetapi juga dapat terjadi pada remaja dan wanita di luar kehamilan. Ini tidak terbatas pada wanita; ini terjadi pada pria juga. Ada beberapa alasan untuk stretch mark. Ini bisa berupa pubertas, kenaikan berat badan secara tiba-tiba, aktivitas fisik, dll. Tanpa memandang usia dan jenis kelamin, bekas luka yang tidak diinginkan ini dapat terlihat berkembang di dada, kaki, dan area perut. Orang sering memilih krim yang dijual bebas untuk mengurangi stretch mark, tetapi perubahan sederhana dalam gaya hidup dan pengobatan rumah sederhana dapat dengan mudah membantu mencegah atau mengurangi stretch mark.

  1. Pertahankan diet bergizi

Salah satu alasan mengapa stretch mark terjadi adalah kekurangan nutrisi. Kurangnya nutrisi dalam tubuh bisa membuat stretch mark ini semakin terlihat. Oleh karena itu, penting untuk mengambil diet yang tepat yang kaya vitamin dan protein. Sertakan sayuran berdaun hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, telur dan buah beri dalam diet Anda untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda.

  1. Tetap terhidrasi

Cobalah untuk tetap terhidrasi sepanjang waktu untuk menghindari kelemahan pada kulit. Minum cukup air secara otomatis akan membuat kulit Anda lembut; kulit kering cenderung lebih rentan terhadap stretch mark. Disarankan bahwa seseorang harus minum dua sampai tiga liter air setiap hari. Juga, konsumsi berat minuman berkafein seperti kopi meningkatkan risiko terkena stretch mark. Oleh karena itu, batasi asupan kopi Anda.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal karena kemampuannya untuk menyembuhkan kulit bekas luka. Menerapkan minyak kelapa ke stretch mark dapat mengurangi munculnya bekas luka.

  1. Asam glikolat

Krim dan gel berbasis asam glikolat dianggap berguna untuk pengobatan stretch mark. Produk-produk ini dapat digunakan setelah berkonsultasi dengan dokter dan dokter kulit. Asam glikolat dapat dioleskan ke area tersebut, yang mengelupas lapisan atas kulit, membuatnya lebih halus dan kencang.

  1. Terapi laser

Perawatan seperti terapi laser fraksional adalah prosedur lanjutan untuk mengurangi stretch mark. Di sini, kulit muncul kembali, dan neo-kolagenesis terjadi pada lapisan dermal. Laser seperti kaca Co2 atau ‘Er’ memberikan hasil yang sangat baik dengan stretch mark.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal karena khasiat penyembuhannya yang luar biasa. Gelnya membantu meregenerasi jaringan kulit yang membantu menyembuhkan bekas luka. Anda dapat mengambil gel segar dari daun dan memijatnya ke daerah yang terkena selama sekitar 15-20 menit. Ulangi proses ini dua kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

  1. Asam lemak Omega 3

Untuk mengurangi munculnya stretch mark, rencana diet memainkan peran yang sangat penting. Asam lemak omega 3 adalah pilihan yang baik untuk mengurangi stretch mark, karena membantu meningkatkan elastisitas kulit. Makanan seperti biji chia, kenari, biji rami bisa dikonsumsi.

  1. Tea tree oil

Tea tree oil adalah obat yang berguna untuk mengurangi segala jenis bekas luka, dan juga membantu mengobati stretch mark. Sifat anti-inflamasi dan penyembuhannya memudarkan stretch mark untuk sebagian besar.

  1. Minyak zaitun

Ini adalah salah satu pilihan terbaik dan mudah tersedia untuk mengurangi stretch mark. Minyak zaitun kaya akan Vitamin E, dan memelihara kulit, memudarkan bekas luka.

  1. Vitamin C

Vitamin C sangat membantu dalam mengobati stretch mark karena membantu meningkatkan kolagen. Kolagen berperan penting dalam menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dll harus dikonsumsi secara teratur.

Baca Juga :

Tidak Memiliki Stretchmark Selama Hamil, Tentu Bisa!

Hilangkan dan Cegah Strech Mark dengan Cara Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Sikat Pembersih Wajah

Sesekali, dunia kecantikan memunculkan penemuan yang merevolusi cara