Saat menjalankan program hamil, maka kesuburan merupakan poin penting yang harus diperhatikan. Wanita yang subur memiliki peluang kehamilan yang lebih banyak daripada wanita yang kurang subur. Bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil, Anda bisa meningkatkan kesuburan dengan beberapa tips berikut ini.

8. Timbang diri Anda

Periksa apakah Anda memiliki berat badan yang tepat untuk tinggi badan Anda sebelum mencoba untuk hamil. Kelebihan atau kekurangan berat badan dapat memengaruhi kesuburan Anda. Misalnya, wanita yang kekurangan berat badan terkadang mendapati menstruasi mereka berhenti sehingga mereka mungkin mengalami kesulitan untuk hamil, dan juga sebaliknya.

9. Persediaan Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan kuat. Penelitian menunjukkan itu dapat digunakan untuk mengurangi penurunan ovarium terkait usia. Dan pada pria itu berperan dalam memerangi radikal bebas yang sebaliknya dapat mengurangi jumlah sperma.

Penting untuk mencukupi 160mg vitamin Esetiap hari, menggunakan alami daripada sintetis. Hal ini dikarenakan tiingkat penyerapan versi alami lebih tingg dan efisien daripada sintetis. Almond, hazelnut, biji bunga matahari, daging sapi, jagung, dan telur (kuning telur) adalah sumber makanan yang baik untuk nutrisi ini.

10. Makan makanan sehat

Diet memainkan peran utama dalam membantu Anda hamil. Makan sehat selama kehamilan akan membantu Anda melahirkan bayi yang sehat juga. Penting untuk menjaga pola makan sehat yang mencakup semua kelompok makanan (karbohidrat, protein, lemak), dan mengandung jumlah nutrisi yang tepat. 

Diet Anda juga harus memasukkan lebih banyak karbohidrat GI (indeks glikemik) rendah seperti bubur, lentil dan kacang-kacangan, daripada karbohidrat GI tinggi, seperti makanan manis dan olahan, karena karbohidrat GI rendah dicerna lebih lambat. Dan Anda harus memilih lemak tak jenuh daripada lemak jenuh, dan memiliki banyak sumber asam lemak omega-3.

11. Berolahraga lebih banyak

Olahraga teratur, mempertahankan gaya hidup sehat dan diet tidak hanya penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga telah ditemukan untuk membantu meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Olahraga membantu meningkatkan ‘hormon bahagia’ endorfin, mengurangi stres, membantu kita menurunkan berat badan berlebih, meningkatkan fungsi jantung, dan menurunkan kolesterol. Cobalah berolahraga minimal 30 menit sehari yang direkomendasikan yang membuat Anda sedikit terengah-engah, lima hari seminggu.

12. Tingkatkan asupan vitamin B12 Anda

Vitamin B12 adalah nutrisi yang membantu menjaga saraf tubuh dan sel darah tetap sehat dan membuat DNA, materi genetik di semua sel. Penelitian telah mengaitkan kekurangan vitamin B12 dengan kesuburan suboptimal dengan menyebabkan perubahan ovulasi, perkembangan sel telur atau perubahan yang mengarah pada implantasi yang rusak yang meningkatkan risiko keguguran.

Sumber terbaik B12 termasuk hati sapi dan kerang, tetapi juga ditemukan pada ikan, daging, unggas, telur, susu, dan produk susu. Pertimbangkan suplemen jika Anda vegan atau vegetarian karena vitamin B12 hanya ditemukan secara alami dalam makanan hewani.

13. Jangan lupa Zat Besi

Zat BEsi adalah nutrisi penting. Ini memastikan produksi sperma berkualitas baik dan dapat mengurangi kemungkinan keguguran, jadi ini merupakan bagian integral dari kesuburan pria dan wanita.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan seng sangat penting untuk kesuburan pria, karena mempengaruhi motilitas sperma, meningkatkan kemampuannya untuk mencapai dan membuahi sel telur. Zat besi juga mendukung kadar testosteron yang sehat pada pria.

Baca Juga :

7 Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Kesuburan

Berat Badan Bisa Pengaruhi Kesuburan Dan Sulit Hamil, Benarkah Demikian?

Tingkatkan Kesuburan Secara Alami dengan Teh Kembang Talang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Kesehatan Yang Mengesankan Dari Adas Manis

Pimpinella anisum, yang dikenal sebagai adas manis, adalah