Hidrasi adalah bagian minimal dari perawatan kulit. Pada saat yang sama, ini adalah bagian perawatan kulit yang paling berdampak dan penting serta cara untuk mendapatkan hasil terbaik. Terlepas dari jenis dan kondisi kulit, hidrasi adalah indikator terbaik kesehatan kulit. Ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mencapai hidrasi optimal dan mendapatkan kulit yang sehat.

  1. Gunakan pembersih yang lembut dan air hangat atau dingin

Pembersihan adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, pembersihan berlebihan atau pembersihan menggunakan pembersih yang sangat keras sering kali dapat menghilangkan kelembapan kulit, sehingga menyebabkan kulit kering dan tidak seimbang. Pilih pembersih wajah yang bebas sulfat, karena bisa sangat keras pada kulit dan sangat mengeringkannya. Disarankan juga untuk tidak mencuci muka atau mandi dengan air yang terlalu panas. Menggunakan air panas dapat semakin mengeringkan kulit dengan menghilangkan minyak organiknya, membuatnya lebih rentan terhadap sensitivitas dan memperparah kemerahan serta dehidrasi. Hal ini juga bisa membuat wajah terlihat lebih kusam.

  1. Gunakan pelembab yang sesuai dengan kulit Anda

Pelembab adalah kunci hidrasi dan menjaga kulit tampak sehat. Pelembab mengandung campuran bahan yang menambah kelembapan, menyegel dan mengawetkannya, serta mencegah hilangnya kelembapan lebih lanjut pada kulit. Setiap jenis kulit membutuhkan hidrasi, perbedaannya bisa dilihat pada formatnya. Jenis kulit yang lebih berminyak dapat memilih pelembab berbahan dasar gel atau serum berbahan dasar asam hialuronat, sedangkan jenis kulit yang lebih kering dapat memilih pilihan yang lebih tebal dan berbahan dasar krim. Jenis kulit yang sangat kering bahkan dapat menggunakan minyak untuk menambah kelembapan. Seringkali, pelembab dapat diganti berdasarkan cuaca, karena musim dingin biasanya membuat kulit lebih kering, dan suhu musim panas dapat membuatnya lebih berminyak. Namun sangat penting untuk menggunakan pelembab setidaknya dua kali sehari, tidak hanya untuk meningkatkan hidrasi tetapi juga untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Bahan-bahan seperti ceramide, asam hialuronat, gliserin, dan shea butter membantu meningkatkan hidrasi.

  1. Minum air putih

Ketika orang mengatakan rahasia kulitnya terletak pada minum banyak air, itu adalah tip yang valid. Hidrasi juga penting secara internal. Jadi, meskipun hidrasi topikal sangat efektif dan akan membuahkan hasil, minum banyak air akan membantu memperkuat hasil tersebut dalam jangka panjang. mengonsumsi setidaknya 8–10 gelas air setiap hari setiap hari memastikan penampilan yang lebih sehat. Minum banyak air juga diketahui dapat meningkatkan ketebalan lapisan dermal, sehingga membuat kulit lebih montok dan meningkatkan elastisitasnya secara keseluruhan. Ini juga meningkatkan kesehatan usus, yang berhubungan langsung dengan beberapa masalah kulit seperti jerawat, rosacea, dan eksim.

Terkadang, lebih sedikit lebih baik. Untuk menjaga hidrasi kulit, disarankan juga agar seseorang menghindari perawatan berlebihan atau pengelupasan kulit secara berlebihan agar tidak memperparahnya. Meskipun asam dan retinoid yang lebih kuat selalu dapat dimasukkan ke dalam rutinitas, berhati-hati terhadap frekuensi dan intensitas bahan aktif yang digunakan dapat bermanfaat bagi kulit.

Baca Juga :

5 Alasan Anda Membutuhkan Pelatih Kesehatan Dalam Hidup Anda

Mengenali dan Mengatasi Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi

Inilah Cara Mendeteksi Kulit Kering atau Dehidrasi, Menurut Para Ahli

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Penting untuk Pencegahan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Jadi, kamu terlalu banyak mendapat sinar matahari, ya?