Vitamin tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan, tapi juga diperlukan kulit agar tetap terlihat cantik dan menarik. Beberapa orang lebih mementingkan skincare yang digunakan di luar kulit, tanpa memperhatikan kebutuhan vitamin dari dalam tubuh. Oleh karenanya penting untuk mengetahui vitamin teraik untuk kulit, pentingnya suplemen vitamin dan apa saja masalah kulit yang timbul jika kekurangan vitamin.

Apa vitamin terbaik untuk kulit?

Vitamin penting untuk kulit yang bagus meliputi; vitamin D, B, C, E, NAD+ dan protein, peptida kolagen. Jika Anda kekurangan salah satu atau beberapa di antaranya, masalah kulit mungkin mulai terlihat. Beberapa gejala termasuk kekeringan, jerawat, kulit pucat, masalah tekstur dan iritasi.  

Apakah suplemen vitamin bekerja?

Tidak masalah jika Anda skeptis tentang suplemen vitamin yang membantu masalah kulit dan menunda proses penuaan. Beberapa orang berpendapat bahwa kita mendapatkan semua kebutuhan nutrisi dasar dari makanan kita, tetapi konsep ini tidak mempertimbangkan mereka yang tidak dapat memakan semua kelompok makanan, seperti vegan. Vitamin terbaik untuk kulit akan menjaga semua dasar Anda tetap tertutup dan tidak akan membuat Anda kekurangan.

Terlepas dari upaya terbaik kami untuk makan makanan yang sehat dan seimbang dan mempertahankan rutinitas perawatan kulit yang baik, terkadang gaya hidup modern dan sibuk kami membuat kami membutuhkan sedikit bantuan ekstra. Seiring bertambahnya usia, fungsi seluler tertentu juga menurun, jadi suplemen adalah cara yang bagus untuk meningkatkan proses ini sehingga kulit kita terlihat awet muda. Suplemen cukup cepat dibersihkan melalui hati dan ginjal kita, jadi perlu diminum setiap hari.

Kekurangan vitamin apa yang menyebabkan masalah kulit?

Hampir semua kekurangan vitamin dapat menyebabkan efek negatif pada kulit. Dari jerawat hingga psoriasis, kusam hingga dermatitis, penting untuk menjaga tingkat nutrisi dasar Anda dengan beberapa vitamin terbaik untuk Anda. Apakah buah-buahan dan sayuran segar bukan bagian utama dari diet Anda atau Anda tidak mendapatkan cukup sinar matahari, Anda dapat memperbaiki masalah kulit dengan mengonsumsi suplemen.

  1. Psoriasis & Dermatitis Atopik

Kekurangan vitamin yang paling umum, di Inggris, adalah vitamin D. Posisi kita di belahan bumi utara berarti kita cenderung mendapatkan lebih sedikit vitamin D daripada mereka yang tinggal di dekat khatulistiwa. Meningkatkan asupan Vitamin D Anda sangat penting jika Anda menderita psoriasis atau dermatitis atopik. Inilah sebabnya mengapa kondisi peradangan ini seringkali lebih buruk selama bulan-bulan musim dingin, ketika lebih sedikit sinar matahari tersedia.

  1. Hiperpigmentasi & Kekeringan

Masalah kulit seperti jerawat, hiperpigmentasi dan kekeringan bisa sulit diobati jika penyebab dasarnya tidak ditemukan dan terkadang masalah ini hanyalah faktor penuaan yang tidak dapat dihindari. Tapi, menjaga nutrisi Anda seringkali dapat mengurangi kemungkinan masalah kulit terjadi. Kekurangan vitamin B dapat mendatangkan malapetaka pada kulit Anda yang menyebabkan ruam, jerawat, kulit kering, bibir pecah-pecah, dan kerutan. Anda mungkin menemukan bahwa dengan memasukkan suplemen vitamin B kompleks ke dalam diet Anda, beberapa masalah ini dapat diselesaikan.

  1. Jerawat

Demikian pula, Libby menyarankan bahwa kadar seng yang rendah (bukan vitamin tetapi mineral) dapat merusak kulit. Zinc adalah mineral penting yang membantu tubuh luar dan dalam. Zinc memiliki efek anti-inflamasi yang bermanfaat untuk jerawat dan jaringan parut. Ini mengatur pergantian produksi sel dan dapat membantu mengurangi jumlah minyak alami yang dihasilkan kulit Anda – ini dapat mencegah pori-pori tersumbat sejak awal.

Nutrisi harian kita sebagian besar berasal dari makanan yang kita makan. Buah-buahan dan sayuran, protein, karbohidrat kompleks dan lemak sehat semuanya berkontribusi pada kesehatan kulit tetapi kekurangan masih bisa terjadi. Jika Anda benar-benar khawatir tentang kekurangan vitamin yang berdampak pada kesehatan Anda, ada baiknya berbicara dengan dokter umum Anda yang dapat mengatur tes darah untuk menyelidiki lebih lanjut.

Baca Juga :

6 Tanda Bahwa Kamu Kekurangan Vitamin A

Mengenal Bahaya Kekurangan Vitamin D Yang Wajib Kamu Tahu

Apakah Kamu Mengalami Gejala Kekurangan Vitamin D? Hati-Hati, Ya!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Terapi Cahaya Untuk Jerawat Bag 2

Jika Anda pernah berurusan dengan jerawat, bahkan jika