Kamu mungkin sudah tidak asing dengan produk-produk ramah lingkungan. Sepanjang tahun 2019 sudah marak sekali orang-orang beralih ke produk ramah lingkungan. Orang mengganti sedotan plastik dengan sedotan stainless steal, kemudian orang mengganti kantong plastik dengan telo bag (kantong yang terbuat dari bahan ketela). Banyak upaya yang dilakukan untuk mengubah hidup menjadi lebih ramah lingkungan. Semua berusaha untuk mengurangi sampah.

Hal ini pun memicu munculnya pembalut ramah lingkungan. Umumnya, seorang wanita yang menggunakan pembalut dan tampon sekali pakai, dalam setiap bulan akan membuang sekitar 250 hingga 300 pon produk menstruasi.

Sebenarnya sampah macam apa yang terkandung dalam pembalut?

Bahan utama dalam banyak aplikator tampon adalah plastik lunak yang disebut poliolefin, sedangkan inti penyerap biasanya dibuat dari campuran kapas atau rayon, dan senarnya dapat berupa campuran kapas, poliester, rayon, dan lebih banyak plastik. Bantalan juga dapat mengandung poliolefin (untuk membuat penghalang tahan air), serta kertas cetak, busa penyerap, dan selulosa kayu.

Sayangnya, karena plastik-plastik ini tidak dapat dibersihkan dan didaur ulang, mereka langsung menuju ke tempat pembuangan sampah.

Meskipun tidak jelas persis berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengurai poliolefin, para ahli memperkirakan bahwa prosesnya memakan waktu ratusan tahun.

“Tahun lalu, selama acara Pembersihan Pesisir Internasional, sebanyak 72.708 tampon dan aplikator tampon diambil dari pantai”, kata Allison Schutes, seorang direktur di Ocean Conservancy. Aplikator Tampon sering terurai menjadi potongan-potongan plastik yang lebih kecil dan tinggal di laut selama berabad-abad, di mana mereka sangat mungkin dimakan oleh ikan.

Selain menghasilkan banyak sampah untuk lingkungan, nyatanya pembalut sekali pakai juga tetap menghabiskan banyak air karena umumnya sebelum di buang, para wanita membilas darah menstruasi hingga bersih, baru kemudian membuang pembalut.

Berikut adalah produk pembalut ramah lingkungan yang bisa kamu coba untuk mengurangi sampah :

  • Pembalut Kain

Pembalut kain adalah pilihan terbaik ketika kamu belum siap dengan celana dalam khusus menstruasi atau belum siap dengan menstrual cup. Pembalut kain dapat kamu gunakan seperti ketika kamu menggunakan pembalut sekali pakai.  Dengan jepitan kancing, kamu bisa merekatkan pembalut kain ke pakaian dalam dan menjalani hari kamu dengan tenang.

  • Celana Dalam Khusus Menstruasi

Jika kamu siap dengan cara yang mudah dan praktis, kamu bisa membeli celana dalam yang khusus didesain untuk menstruasi. Celana dalam ini dapat digunakan secara langsung atau dikombinasikan dengan pembalut saat menstruasimu sangat banyak di hari-hari awal menstruasi. Celana ini nyaman dan terasa seperti pakaian dalam biasa sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang kebocoran atau khawatir dengan pembalut kain yang mungkin akan bergeser.

  • Menstrual Cups

Menstrual Cup telah menjadi alternatif populer untuk menggantikan pembalut dan tampon sekali pakai. Produk ini fleksibel dan nyaman. Menstrual Cup berkualitas baik dapat bertahan hingga 12 jam. Menstrual Cup hadir dalam dua ukuran yang berbeda untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan kamu.  

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/mual-saat-menstruasi-bisa-diatasi-dengan-cara-ini-ladies/

http://www.tampilcantik.com/mengenal-lebih-dalam-tentang-menstrual-cup-untuk-gantikan-pembalut/

http://www.tampilcantik.com/hey-jangan-lupa-ganti-pembalut-kamu-karena-jika-tidak-kamu-pasti-akan-menyesal/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Kesalahan Charge HP yang Harus Kamu Hentikan

Setiap hari orang-orang mengisi daya HP, entah itu